Pangkalan Angkatan Laut Palu Siap Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2013

JAKARTA – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu yang dikomandani Kolonel Laut (P) Ferry Supriady, siap menjadi tuan rumah peringatan “Hari Nusantara 2013”.

Khususnya dalam mendukung bidang demonstrasi sailing pass, terjun payung, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan unsur laut, yang akan berlangsung tanggal 10 sampai dengan 15 Desember 2013, di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Kesiapan tersebut dibuktikan dengan berbagai aktifitas yang dilakukan segenap Prajurit TNI, Pegawai Negeri Sipil (PNS), maupun Jalasenastri di jajaran Lanal Palu, Minggu (8/12/2013).

Menurut alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL), angkatan 37 yang juga alumnus Sekolah Tinggi Tehnik Angkatan Laut (STTAL) angkatan 20 ini, jajarannya telah melancarkan kegiatan bersih-bersih pantai sejak Agustus lalu.

Hingga kini para prajuritnya masih terus merapikan sejumlah lokasi yang akan digunakan sebagai ajang kebaharian, termasuk melakukan pengecatan trotoar di tepian jalan yang berada di sepanjang pantai Talise.

Sementara itu, Program TNI Angkatan Laut pada peringatan Hari Nusantara 2013 antara lain: survey verifikasi perairan Teluk Palu oleh Dinas Hidro Oseanografi (Dishidros) Angkatan Laut, sailing pass, fly pass helly menarik banner, terjun payung, expo nusantara oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Dislitbangal) dan Dishidros, aneka olahraga 

perairan (dragon race, renang teluk, fun diving, dan layar), transplantasi terumbu karang, serta kemah pesisir pramuka saka bahari oleh Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Angkatan Laut.

Peringatan Hari Nusantara 2013 yang mengangkat tema, “Setinggi Langit Sedalam Samudera Adalah Potensi Pariwisata dan Kreatifitas Nusantara yang Tak Terhingga” ini juga akan melibatkan 12 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Sumber : Tribun