Panglima TNI dan Pangab Filipina Pimpin Sidang Ke-1 Philindo Military Corporation Tahun 2014

Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko bersama dengan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Filipina Jenderal Emmanuel T. Bautista memimpin secara resmi acara sidang ke-1 The Philippines-Indonesia Military Cooperation (PHILINDO MC) di hotel Borobudur Jakarta, Rabu (23/4/2014). 

Forum Philindo MC merupakan forum pertemuan tahunan yang membahas, mengevaluasi, merekomendasikan dan melaksanakan kerja sama militer di kedua negara. 
 

TNI dan Armed Forces of the Philippines (AFP) telah lama menjalin kerja sama militer yang saling menguntungkan di segala bidang dengan baik, serta telah memiliki kesepahaman bersama yang tertuang dalam The Joint Understanding Between the TNI and AFP on The Philippines-Indonesia Military Cooperation yang ditanda-tangani oleh Panglima Angkatan Bersenjata kedua negara di Davao City, Filipina Selatan, pada tanggal 10 Desember 2012.  

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengatakan bahwa forum ini baru terselenggara yang pertama kalinya dan sesuai kesepakatan bersama, kedua belah pihak setuju bahwa pelaksanaan forum akan dilakukan secara bergantian baik di Indonesia maupun di Filipina. 
Adapun materi yang dibahas yaitu kerja sama bidang intelijen (Joint Intelligence Sub-Committee/JISC), kerja sama bidang operasi dan latihan (Joint Operations and Exercises Sub-Committee/JOESC), kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan (Joint Training and Education Sub-Committee/JTESC) serta hal-hal lain yang terkait kerja sama militer kedua Negara. 

Pada akhir kegiatan, Pangab Filipina menyerahkan dan menyematkan satyalancana kehormatan Chief of Staf Armed Forces of the Philippines (CSAFP) Commendation Medal kepada Panglima TNI beserta 20 perwira TNI lainnya. 
Penganugerahan tersebut atas dasar ungkapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi AB Filipina terhadap para prajurit TNI, yang melaksanakan bantuan kemanusiaan saat wilayah di Provinsi Leyte Filipina dilanda bencana topan Haiyan.  
Bencana tersebut telah menghancurkan harta-benda dan nyawa penduduk Filipina. Reaksi cepat pengiriman bantuan kemanusiaan oleh TNI yang dikirim dengan pesawat angkut C-130 Hercules tersebut telah mendorong Jenderal Emmanuel T. Bautista menyerahkan medali kehormatan kepada prajurit-prajurit TNI. 

Dalam forum ini Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingi oleh Asintel Panglima TNI Laksda TNI Amril Husaini, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ridwan, Aspers Panglima TNI Laksda TNI Sugeng Darmawan, SE. 
dan Kapuskersin  TNI Laksma TNI Suselo. Sedangkan Jenderal Emmanuel T. Bautista didampingi oleh Kepala Staf AFP  General Emmanuel Trinidad Bautista dan Komandan Eastmincom LtGen Ricardo Rainer G. Cruz serta beberapa staf lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut kepada rekan-rekan media, Panglima TNI memberikan keterangan terkait dengan jam tangan Richard Mile seri  black kite RM-011 yang digunakan Panglima TNI sehari-hari. 
Jam tangan tersebut merupakan produk innovation dan hasil replika yang sedemikian sempurna.  “Pada saat saya melihat jam ini, selalu menginspirasi saya untuk membuat inovasi-inovasi terbaru setiap hari” Ujar Panglima TNI.
Sumber : TNI
Panglima TNI dan Pangab Filipina Pimpin Sidang Ke-1 Philindo Military Corporation Tahun 2014 | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply