PANGLIMA TNI INGINKAN WOMAN FIGHTER PILOT

“Selaku pimpinan TNI, saya memiliki keinginan untuk menciptakan prajurit Wanita TNI sebagai woman fighter pilot atau bisa menduduki jabatan operasional”, ujar Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko saat memimpin upacara Wanita TNI di Mabesau, Cilangkap, Senin (21/4).

Panglima mengatakan, kesemua itu terpulang kepada semangat segenap prajurit wanita TNI, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, serta secara individu mampu mengeliminasi keterbatasan dalam mengemban tugas, dengan tidak mengurangi kodrat sebagai wanita Indonesia.

Prajurit korps wanita TNI, tidak boleh hanya bangga dengan semangat sebagai “Melati Pagar Bangsa”, tetapi bangun dan kembangkan semangat “Cut Nya Dien” dalam perjuangan melawan penjajah.

Peluang yang telah terbuka harus menjadi titik tolak untuk merumuskan rencana strategis secara kreatif, dan komprehensif, guna meningkatkan kemampuan, sehingga, tidak saja hanya sebagai pagar bangsa tetapi juga bermain dilahan bangsa yang luasnya dari Sabang sampai Merauke, tegas Panglima. 

Saat ini TNI tengah menyiapkan 38 Taruni, dengan komposisi 16 Taruni Akmil, 10 AAL, 12 AAU. “Tahun 2014 ini TNI akan membuka kembali penerimaan Taruni”, ujarnya.

Apel Bersama yang mengambil  tema “Dengan Semangat Juang R.A. Kartini, Wanita TNI Siap Meningkatkan Profesionalitas”, diikuti Kowad, Kowal, Wara, Polwan dan Pegawai Negeri Sipil wanita.  

Penerjunan dari WAN TNI, Polwan, dan Paskhas mewarnai apel bersama tersebut, diakhir acara para undangan dan peserta upacara dihibur oleh pertunjukan angklung dari Mang Udjo Bandung.   

Hadir pada Acara Tersebut Kasad Jenderal TNI Budiman, Kasau Marsekal TNI I. B. Putu Dunia dan sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan, Mabes Polri, dan Ibu Raksa Tri Anggana Tantri (Ibu Asuh WAN TNI) Ny. Koes Moeldoko.

Sumber : TNI