Panglima TNI Segera Ganti Komandan Paspampres dan Sejumlah Jenderal

Panglima TNI Jenderal Moeldoko akan memutasi sejumlah perwira tinggi TNI untuk menduduki jabatan baru. Salah satu jabatan perwira tinggi yang akan berganti yaitu Komandan Pasukan Pengamanan Presiden.

“Jabatan baru tersebut sudah saya tanda tangani,” ujar Moeldoko saat ditemui di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (10/9/2014).

Masing-masing perwira dan jabatan barunya adalah Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo, yang akan menjadi Panglima Kodam Jaya. 

Sementara Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Mulyono akan menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) yang sebelumnya dijabat oleh Letjen TNI Gatot Nurmantyo (kini menjabat KSAD).

Kemudian, jabatan Komandan Jenderal Kopassus akan diisi oleh Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal TNI Doni Monardo. 

Namun, mengenai siapa pengganti Doni sebagai Komandan Paspampres, menurut Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Fuad Basya, hal itu akan ditentukan oleh presiden terpilih Joko Widodo.

“Komandan Paspampres, itu sesuai dengan presiden yang baru, bukan kami yang tentukan,” kata Fuad Basya.

Sumber : Kompas