Panglima TNI Tinjau Latgab Penanggulangan Teror di Madiun

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko akan meninjau Latihan Gabungan Penanggulangan Teror (Gultor) TNI. Latihan ini merupakan operasi pembebasan sandera dalam pesawat Boeing 737 di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, Jawa Timur.

Latihan digelar pada Senin (7/72014). Latihan Gultor TNI tahun 2014 ini akan melibatkan 323 personel dengan skenario terjadinya pembajakan pesawat komersil milik maskapai AOSTRA Lines tujuan Jakarta. Dalam pesawat tersebut diceritakan membawa delegasi World Economic Forum dari negara AOSTRA.

Pembajakan itu dilakukan oleh 8 orang teroris yang memaksa pesawat mendarat di Madiun. Para teroris diskenariokan berhasil menyandera seluruh penumpang pesawat.

Teroris pun mengancam meledakkan pesawat jika aparat mendekat dan menuntut kehadiran jaringan media dalam menyampaikan pernyataan mereka. Berdasarkan kejadian tersebut, dalam Gultor TNI ini aparat intelijen melaporkan ke jajaran Polri dan BIN untuk mengumpulkan data, menganalisa dan melaporkan perkembangannya ke Presiden RI serta mengaktifkan Crisis Center di lokasi.

Dalam tinjauannya, Panglima TNI rencananya akan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan dan sejumlah pejabat teras TNI. Jenderal Moeldoko akan berangkat dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.30 WIB.

“Ini Latgab Gultor TNI, penanggulangan teror. Panglima akan didampingi seluruh Kepala Staf Angkatan,” ujar Staf Dispenum TNI kepada detikcom, Lettu Hendri Atmoko di Lanud Halim Perdana Kusuma.

Sumber : Detik