Para Pelajar Dilarang Pacaran di China

Para Pelajar Dilarang Pacaran di China – Pemerintah China menerapkan sebuah aturan yang kurang populer bagi murid-murid di negara tersebut. Melalui peraturannya yang baru diresmikan beberapa waktu lalu, pemerintah China melarang murid pria dan wanita memiliki hubungan cinta alias dilarang berpacaran.

Salah satu contohnya sekolah menengah di Hangzhou, murid pria dan wanita dilarang saling berdekatan. Secara tertulis bahkan mereka harus berjarak setidaknya setengah meter di berbagai kondisi.

Setali tiga uang dengan kota Hangzhou, kota Wenzhou, propinsi Zhejiang pun melakukan hal yang sama. Sekolah di sana melarang murid laki-laki dan perempuan melakukan interaksi jarak dekat. Pejabat sekolah mengancam akan menjatuhkan hukuman bagi para pelanggar.

Peraturan ini rupanya langsung mendapatkan reaksi beragam di media sosial.

“Tak ada salahnya saling jatuh cinta selama tidak mempengaruhi kegiatan akademis,” kata seorang siswa di Ibu Kota Beijing.

Banyak kalangan di media sosial menilai peraturan itu sangat kejam dan menindas.

“Bagaimana mengatur jarak supaya murid laki-laki dan perempuan tidak berdekatan?” tanya seorang pengguna Internet.

Media lokal setempat juga mengatakan aturan itu konyol, absurd, dan ilegal.

“Tentu normal bagi anak muda jatuh cinta. Memang mereka perlu dijaga tapi bukan dengan cara ekstrem dan menindas semacam itu,” kata surat kabar China Youth Daily.

Sejumlah pejabat sekolah mengakui murid usia sebelas tahun mulai mengalami masa puber dan menyukai lawan jenis. Mereka khawatir hal itu mempengaruhi prestasi akademis siswa.Sejumlah guru dan orang tua murid meyakini anak didik mereka harus fokus kepada pelajaran demi masa depan mereka kelak. | jadiberita.com