PASUKAN BTP 613 BERHASIL HANCURKAN MUSUH DI MENTAWIR

Tekad Pasukan TNI-AD untuk menghancurkan musuh yang menamakan dirinya  aliansi negara “Borneo Merdeka” yang beroperasi di daerah Sepaku Kabupaten Panajam Paser Utara dengan pimpinannya bernamaUdin Klewang.   
Langkah strategis yang dilakukan oleh Komandan BTP 613 Mayor Inf Rudy Saladin yaitu memberikan perintah operasi penghancuran kepada Kompi Tim Pertempuran dan satuan perkuatan. Sebagai langkah awal pasukan mulai bergerak untuk melaksanakan pengamatan tersebar.

Kedudukan musuh sudah diketahui yaitu di KV GT 74 sd 75. GD 86 sd 87 dengan kekuatan insurjen 35 orang bersenjata dan 15 orang klandestin dengan persenjataan campuran pistol 5 pucuk, laras panjang 25 pucuk, SMS 1 pucuk dan 1 pucuk mortir 60.

Mengetahui hal tersebut,  Komandan BTP 613 memerintahkan penyerangan dengan tembakan meriam 105 mm milik Rai Armed bertujuan untuk menurunkan moril insurjen, langkah selanjutnya operasi penyisiran pemukiman yang dilaksanakan oleh Kompi Tim Pertempuran B. Sebagian insurjen berhasil ditemukan dalam keadaan tewas dan lainnya berhasil ditangkap dalam keadaan hidup termasuk pimpinan kelompok insurjen Udin Klewang.

Operasi penyisiran pemukiman adalah puncak skenario latihan BTP 613 antar kecabangan TNI AD yang berjalan selama 14 hari dari tanggal 23 Nopember 2013 hingga 6 Desember 2013 di daerah Sepaku.  

Latihan tersebut di pantau langsung oleh Pangdam VI/Mlw Mayejn TNI Dicky Wainal Usman S.IP,. M.Si, Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI A. Kadir Sultan, Danbrigif 24/BC, Staf Ahli Pangdam, para Asisten, Kabalak dan Komandan Satuan.

Dalam latihan antar kecabangan  tersebut, Kodam VI/Mlw melibatkan 1.189 pesonel dari Batalyon  Infanteri 613/Raja Alam Tarakan didukung pasukan perkuatan dari Rai Armed, Rai Arhanud, Kompi Panser Denkav, Peleton Zipur. Selain itu, juga dilibatkan Badan Pelaksana Kodam, diantaranya Hubdam, Bekang,  Paldam, Pomdam, Pendam, Kesdam, Topdam, Kumdam.

Sumber : Kodam