Pasukan Pengamanan Perbatasan RI-PNG Segera Diganti

Prajurit TNI yang bertugas di perbatasan Republik Indonesia (RI) dengan Papua Niugini (PNG), segera diganti. Pasalnya, pasukan ini sudah bertugas selama enam bulan.
“Benar sekali. Kurun waktu pergantian pasukan pengamanan perbatasan sekarang enam bulan, dan sudah hampir berakhir,” kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Rikas Hidayatullah, ketika dikonfirmasi, di Jayapura, Ahad (7/9/2014).

Rikas mengatakan, masa tugas sejumlah batalyon penjaga pos-pos perbatasan sudah memasuki masa akhir. Karena itu, akhir bulan ini akan ada pergantian pasukan yang menempati pos pengamanan sepanjang garis batas negara dari Utara sampai Selatan Papua.

“Di bagian Utara ke tengah tiga batalyon, dari tengah ke selatan juga tiga batalyon, sehingga totalnya enam batalyon,” imbuh dia.

Batalyon-batalyon yang akan mengisi pos-pos itu akan diisi Kostrad dan satuan-satuan terbaik yang dimiliki TNI. Rikas mengungkapkan, persiapan pergantian pasukan perbatasan sudah dimulai, dan sejumah komandan pos telah melakukan survei ke lokasi yang akan jadi tempat tugasnya.

“Ini sekarang, sedang kita siapkan. Terakhir komandan-komandan yang akan masuk menjadi komandan pos yang baru itu, sudah survey dari Utara Jayapura sampai Selatan, Merauke,” jelas dia.

Sumber : Metro