Pelajari Apa Yang Membuat Anda Gagal

Gagal? Anda pernah merasakan mahluk bernama Kegagalan? Gagal bisa dalam hal apa saja, dari karir hingga masalah jodoh (waduh, sudah seperti dukun aja nih). Hal terutama dalam menyikapi kegagalan adalah Pelajari Apa Yang Membuat Anda Gagal.

Berikut ini adalah poin-poin penting dalam melihat kegagalan yang terjadi sehingga kita bisa bersama belajar hal-hal apa saja yang membuat Anda gagal, silakan disimak:

  1. APA. APA-nya yang gagal? Rencana? Pelaksanaan? Proses Finishing? Menentukan “APA” yang gagal sangat penting. Jangan sampai Anda stress karena tidak tahu APA yang gagal.
  2. BAGAIMANA. BAGAIMANA kegagalan ini bisa terjadi? Apa ada faktor internal? eksternal? Selanjutnya, siapkan antisipasi dari kejadian yang pernah dialami.
  3. MENGAPA. MENGAPA kegagalan ini bisa menimpa kita? Kurang usaha? Kurang Ikhtiar? Kurang Doa? Kurang dukungan? Kurang pandai meng-copas? :p

Kalau dipikir-pikir, ketiga poin di atas bisa diperluas lagi. Banyak poin yang membuat Anda gagal. Namun, hanya 3 di atas lah yang berperan penting.

Apa Yang Membuat Jenius Gagal

Seorang yang bijak pernah berujar:

Gagal dalam merencanakan sama halnya dengan merencanakan kegagalan

Untuk itu, Anda memang pasti akan bertemu dengan yang namanya Gagal. Anda bisa saja gagal di posisi satu. Anda bisa saja marah-marah atas kegagalan tersebut. Tetapi, yang terpenting, bagaimana Anda menyikapinya, toh kegagalan sudah terjadi. Mau merengut pun percuma apa lagi kalau sampai terpikir bunuh diri, waduh, amit-amit dah; lebih baik energinya kita gunakan untuk memikirkan dan menelaah apa yang membuat Anda gagal.

Pelajari Apa Yang Membuat Anda Gagal | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply