Peluang Bisnis Usaha Peternakan Sapi untuk Pemula

Peluang Bisnis Usaha Peternakan Sapi untuk Pemula hanyalah salahsatu bentuk usaha untuk meraih pundi-pundi rupiah. Jika kita membuka mata dan melihat di sekeliling kita, ada banyak peluang bisnis usaha. Peluang bisnis usaha peternakan sapi ini konon katanya cukup menjanjikan. Bahkan Selandia Baru juga mengincar peternakan sapi di Indonesia.

Terlebih, kebutuhan daging di Tanah Air tiap hari selalu naik. Hal ini berimbas pada banyaknya kebutuhan akan daging sapi. Jika permintaan banyak namun supply sedikit, tentu ada peluang di sini untuk mendapatkan pemasukan tambahan; bahkan menjadi pemasukan primer (utama).

usaha-peternakan-sapi-indonesia

Namun begitu, sama seperti bentuk usaha yang lain, beternak sapi bukanlah suatu bisnis yang cukup hanya dengan modal dana dan tekad saja. Telaten, sabar, serta tekun merupakan salah tiga kunci yang harus dimiliki selain tentunya ilmu beternak itu sendiri.

Dan jika menuai untung, bukan tidak mungkin usaha ternak sapi ini bisa membawa perubahan bagi Anda dan keluarga. Berapa modalnya? Jangan ditanya, jelas bisnis ini memerlukan dana yang tidak bisa dibilang sedikit. Untuk luas kandang 40 meter persegi dan diisi 7 sapi beserta pakan dan perawatannya, tidak kurang 100 juta harus disiapkan. Jika lancar, setelah 180 hari potensinya keuntungan bisa mencapai 2-3 kali modal.

Keuntungan akan semakin berlipat jika mendekati hari raya kurban. Masih ingat pelawak Azis Gagap yang menekuni bisnis ini? Dia bahkan sempat berniat untuk meninggalkan dunia lawak untuk fokus mengurus sapi – sapinya. Nah, ini membuktikan peluang usaha ternak sapi ini cukup menjanjikan.

Yang wajib diketahui adalah, bahwasanya beternak sapi adalah usaha yang memiliki prospek keuntungan yang menarik serta sangat baik. Di awal sudah disampaikan bahwa kebutuhan daging di Indonesia selalu naik setiap tahunnya. Harga sapi juga perlahan tapi pasti selalu meningkat sehingga sangat susah untuk rugi. Biasanya, yang membuat rugi adalah karena sapi terserang penyakit atau ada pegawai yang tidak amanah sehingga sapi dicuri dan lain sebagainya.

 

Namanya juga usaha, tentu ada resiko untung dan ruginya. Seperti kata pendiri Facebook Mark Zuckerberg, “resiko yang paling besar adalah tidak mengambil resiko itu sendiri”. Nah, bagaimana? Tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang bisnis pembesaran atau peternakan sapi? Silakan sediakan ilmu dan modal untuk merintisnya. Jika sudah sukses, jangan lupa untuk mentratir saya karena mengajak Anda untuk beternak sapi. Hehehe 😀

Peluang Bisnis Usaha Peternakan Sapi untuk Pemula | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply