Penampakan Pabrik Es di Cakung yang Diduga Mencampur Zat Berbahaya

Katakepo.blogspot.com – Jakarta, Beberapa waktu lalu sebuah pabrik es batu balok yang berlokasi di Jalan Rawa Gelam Nomor 2, Kawasan Industri Pulogadung (KIP), Cakung, Jakarta Timur, digerebek petugas polisi. Diduga, pabrik tersebut mencampuri zat berbahaya dalam membuat es batu baloknya.

Saat disambangi Kompas.com, Jumat (27/3/2015), tidak ada kegiatan operasional yang terlihat di perusahaan tersebut. Di beberapa sudut pabrik, garis polisi telah dibentangkan melintang sejak penggerebekan yang disebut terjadi pada 17 Maret 2015 lalu.

Beberapa pekerja tampak keluar masuk pabrik sehabis menunaikan ibadah shalat Jumat. Ada pula yang berdiam di dalam mes di dalam area pabrik.

Truk yang biasa dipakai hilir mudik mengantar es balok ke agen-agen juga terlihat berhenti operasi. Ada empat truk bak dan tiga truk tangki yang parkir di halaman pabrik.

Namun, bagian dalam pabrik ditutup karena disegel polisi sehingga hanya dapat mengintip dan melihat perangkat mesin untuk membuat es dari kejauhan.

Pabrik ini menggunakan cetakan es berbentuk kotak dengan panjang sekitar 1,2 meter dan diameternya sekitar 20 cm-30 cm.

Ada sebagian kotak cetakan es tak terpakai dengan kondisi berkarat yang sengaja diletakkan di luar. Pasca-penggerebekan, pabrik itu tetap mendapat penjagaan dari petugas keamanan pabrik.

Menurut petugas sekuriti yang berjaga, sekitar 40 pekerja di pabrik tersebut kini diliburkan. Pimpinan perusahaan juga tak dapat ditemui.

“Belum tahu sampai kapan, masih urusan sama polisi,” kata petugas yang menolak disebutkan namanya itu.

Petugas keamanan pabrik menepis tudingan bahwa pabrik itu menggunakan zat berbahaya. Kata dia, pabrik itu menggunakan air yang layak. “Di sini air itu kita ambil dari PAM dan dari Bekasi. Kalau dibilang dicampur kaporit dan ANP dari mana,” ujarnya.