Penerbangan Komersial Terpendek dan Tersingkat di Dunia


Penerbangan komersial terpendek di dunia adalah penerbangan antara dua pulau, Westray dan Papa Westray, di kepulauan Orkney, utara Skotlandia, yang hanya dipisahkan oleh jarak 1,7 km. Dioperasikan oleh Loganair, durasi penerbangan resminya dua menit, tetapi di bawah kondisi angin yang ideal dapat ditempuh hanya dalam 47 detik.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Tiket dibanderol dengan harga sekitar $ 30 per penumpang tanpa layanan dalam penerbangan. Menurut laporan yang diterbitkan dalam The Daily Mail, sekitar 30 persen penumpang dari layanan ini adalah yang bekerja pada layanan pendidikan di Orkney Islands Council, sementara yang lainnya adalah petugas kesehatan dan pasien dari Dinas Kesehatan Nasional Skotlandia. Pulau Papa Westray adalah rumah bagi lebih dari 70 orang, dan 60 situs arkeologi.

Loganair, yang telah melayani rute ini sejak tahun ’60-an, memperkenalkan penerbangan populer bagi wisatawan di tahun 2011. Penerbangan khusus terbang beberapa hari setiap minggu di musim panas untuk orang-orang yang hanya ingin terbang dan kemudian kembali ke pulau utama Orkney daripada tinggal di pulau-pulau kecil tersebut.

Anda dapat merasakan bagaimana rasanya terbang di rute terpendek di dunia ini dengan melihat video di bawah ini