Penyebab Penyakit Jantung Koroner Dan Pencegahannya

Penyakit jantung koroner seringkali menyebabkan munculnya berbagai keluhan disekitar area dada hingga leher dan lengan baik terjadi dalam skala ringan hingga berat. Gejala umum yang paling sering terjadi terhadap penderita yakni rasa nyeri, tidak nyaman pada dada sebelah kiri serta diikuti oleh kesulitan bernafas karena kurangnya pasokan oksigen menuju otot jantung.

Penyebab Terjadinya Jantung Koroner

Kenali Penyebab dan Gejala Sakit Jantung Lebih Dini

Jantung koroner adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah koroner pada otot jantung menyempit akibat dari kolesterol tinggi sehingga lambat laun akan semakin menumpuk dan mengeras sehingga sel sel otot jantung akan kesulitan mendapatkan oksigen. Kondisi seperti ini apabila tidak ditangani secara tepat dapat menyebabkan terjadinya Angina Pectoris hingga serangan jantung yang dapat berujung kepada kematian.

Orang yang paling beresiko terkena serangan jantung koroner yaitu mereka yang berusia diatas 45 tahun, mengalami obesistas, perokok aktif dan pasif, memiliki tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat keluarga dekat yang pernah mengindap jantung koroner.

Cara Efektif Pencegahan Jantung Koroner

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat
    Agar terhindar dari penyakit jantung koroner maka sebaiknya anda menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga secara teratur, konsumsi makanan sehat yang tidak mengandung lemak jenuh dan menghentikan kebiasaan buruk yang dapat berbahaya bagi kesehatan jantung.
  • Menghindari Stress
    Stress secara langsung dapat meningkatkan kadar LDL dalam darah secara siginfikan sehingga apabila terus menerus mengalami tekanan mental dan stress maka pembuluh darah akan dipenuhi oleh plak kolesterol dan itu sangat berbahaya untuk kesehatan kardiovaskuler.
  • Menjauhi Penyakit Hipertensi
    Hipertensi atau tekanan darah tinggi erat kaitannya dengan kadar kolesterol tinggi dalam darah maupun karena konsumsi garam secara berlebih. Untuk itu cara tepat untuk mencegah terjadinya hipertensi yaitu dengan mengurangi asupan garam dan segala sesuaitu makanan yang mengandung natrium yang tinggi.
  • Menghindari Penyakit Diabetes
    Diabetes Melitus sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai komplikasi disemua organ tubuh. Kadar gula terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah khususnya arteri koroner pada jantung. Untuk itulah sangat disarankan untuk mengurangi kebiasaan konsumsi gula berlebih atau dapat mengantinya dengan gula rendah kalori Tropicana yang sangat baik.

Demikianlah segala informasi mengenai penyakit jantung koroner, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa menerapkan pola hidup sehat mutlak harus dilakukan sebagai upaya maksimal untuk mencegah munculnya jantung koroner dan penyakit berbahaya lainnya.

 

Penyebab Penyakit Jantung Koroner Dan Pencegahannya | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply