Pesawat Tempur T50i dan F16 Lakukan Fly Pass di Upacara Sertijab KSAU

Serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) diwarnai atraksi dari 22 pesawat milik TNI AU. Dua jenis di antaranya atraksi dari pesawat tempur F16 dan T50i.

Sertijab digelar di Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta Timur, Kamis (15/1/2015) pagi. Sebanyak 6 pesawat tempur T50i dan 4 pesawat tempur F16 lakukan fly pass di atas lapangan upacara.

Aksi ini mengundang decak kagum dan tepuk tangan dari hadirin upacara. Aksi fly past diakhiri dengan manuver bom burst yang membelah udara. Keluarnya asap atau smoke trail dari tiap pesawat menambah dramatis atraksi tersebut.

Ada 12 pesawat lain yang juga terbang rendah di atas lapangan upacara dan membentuk formasi tertentu. Pesawat-pesawat tersebut yaitu 4 buah helikopter colibri, 4 pesawat angkut CN295, dan 4 pesawat hercules.

Langit Halim semakin indah dengan puluhan penerjun payung yang melayang layang di udara. Mereka terlihat piawai. Satu persatu kemudian turun di posisi yang telah ditentukan. Salah satu penerjun nampak membawa bendera TNI AU berukuran besar.

Sumber : Detik