Peta Wisata di Batam

Ketika bepergian atau melakukan perjalanan (traveling) ke suatu daerah yang belum kita kenal, tentu keberadaan peta akan sangat membantu. Seperti di Batam, keberadaan Batam Indonesia Map sangat menolong para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Para wisatawan akan dimudahkan untuk melihat mana tempat yang cocok dan ingin mereka kunjungi.

Peta Wisata di Batam

sumber:batamkota.go.id (klik untuk memperbesar)

Batam adalah sebuah pulau yang letaknya berada di 2 selat perairan, yakni Selat Singapura dan Selat Malaka. Dari mana nama Batam itu berasal masih menjadi misteri. Belum ditemukan literatur rujukan dari mana asal nama tersebut. Batam memiliki lebih dari 300 pulau yang termasuk dalam pemerintahan Kota Batam. Meski demikian, ada satu sumber yang menuliskan nama Batam, yakni Traktat London tahun 1824.

Sama seperti kota lain di sekitaran selat malaka, penduduk asli Batam merupakan orang Melayu atau Orang Laut atau Orang Selat yang diperkirakan sudah ada sejak kerajaan Tumasik berkuasa (Singapura saat ini) sekitar abad ke-14 awal (1300an). Bahkan, beberapa catatan menyebutkan bahwa Kepulauan Batam sudah dihuni manusia sejak 231 Masehi yang pada masa itu orang Singapura menyebutnya Pulau Ujung.

Pulau Batam pada awalnay berada di bawah tampuk pimpinan Laksamana Hang Tuah ketika Kerajaan Malaka sedang jaya – jayanya. Ketika Malaka terpuruk, Batam jatuh ke tangan Laksamana Hang Nadim yang berada di Pulau Bintan (dulu namanya Bentan). Saat Hang Nadim wafat, Batam beralih ke tangan penguasa Sultan Johor hingga abad pertengahan ke-18 Masehi. Dengan munculnya kerajaan Melayu Riau dengan tampuk pimpinan Yang Dipertuan Muda RIau, Batam kembali berpindah tangan hingga tahun 1911 ketika kerajaan Riau berakhir.

Masuknya penjajah pada abad ke-18 Masehi juga turut mempengaruhi Batam. Perseteruan Belanda dan Inggris kian meruncing hanya agar bisa menguasai jalur perdangan di Selat Malaka.

Sekelumit cerita sejarah di atas tentu membuat para wisatawan tertarik hatinya. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Batam. Belum lagi lokasi bisnis yang cukup pesat, membuat Batam seringkali dipercaya untuk mengadakan event – event lokal atau internasional yang menarik minat para turis. Bagi turis lokal yang ingin berwisata ke sana, ada baiknya Anda mengunjungi situs http://www.indonesia.travel/en/destination/area/batam karena di dalamnya lebih lengkap tentang tempat wisata, jenis makanan atau kuliner yang menarik. Disarankan Anda jika pergi ke sana menyewa tour guide agar waktu menuju tempat wisata bisa lebih efisien.

Selamat berlibur 😉

Peta Wisata di Batam | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply