PLN Persilakan BUMN Bangun Pembangkit Listrik

Katakepo.blogspot.com – JAKARTA,Direktur Utama PLN Nur Pamudji menyambut baik gagasan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan yang akan membentuk konsorsium BUMN proyek pembangkit listrik.

“Itu bukan di Sumatera saja, tapi untuk seluruh Indonesia. Mungkin BUMN yang mau terlibat silakan mau kembangkan di mana saja. Kita punya banyak proyek, silakan tinggal pilih,” kata Nur di kantornya, Jakarta, Senin pagi (28/10/2013).

Nur membayangkan, nantinya konsorsium itu tak jauh berbeda seperti independent power producer (IPP) selama ini yang membangun pembangkit, dan menjual listrik ke PLN. “Cuma kalau itu konsorsium, gitu aja,” imbuhnya.

Nur Pamudji mengaku, hingga hari ini Dahlan Iskan belum mengajak bertemu secara resmi soal pembangunan pembangkit listrik oleh konsorsium itu. Sebelumnya, Dahlan Iskan berpikir untuk meminta perusahaan pelat merah membentuk konsorsium untuk membangun pembangkit listrik di Sumatera Utara, menyusul pasokan yang berkurang drastis di wilayah itu.

Berkaca pada keberhasilan proyek jalan tol di Bali yang digarap secara konsorsium, ia menilai perusahaan yang kuat bisa membantu Sumatera untuk mengatasi krisis listrik.