PRAJURIT MARINIR WILAYAH TIMUR SIAP AMANKAN PILPRES DAN WAPRES

Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso memimpin gelar kesiapan prajurit Marinir Wilayah Timur dalam rangka Pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jumat  (04/07/2014).
 

Kegiatan yang dihadiri Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, Danlanmar Surabaya, Para Asisten Pasmar-1 dan para Komandan Kolak/Satlak Pasmar-1 tersebut diikuti ribuan prajurit Marinir Wilayah Timur yang berasal dari Brigif-1 Marinir, Menkav-1 Marinir,
Menart-1 Marinir, Menbanpur-1 Marinir, Kolatmar, Lanmar Surabaya dan Yontaifib-1 Marinir yang tergabung dalam Sembilan Satuan Setingkat Batalyon (SSY)  untuk pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.

 

Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan bahwa gelar  kesiapan pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 diselenggarakan dengan tujuan untuk 
menegaskan komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit dan satuan jajaran Pasmar-1 dalam membantu mengamankan penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar 9 Juli nanti. 
Disamping itu, juga untuk melihat secara langsung kesiapan personel dan material guna mendukung kesiapan Korps Marinir dalam rangka pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.

 

Pesta demokrasi yang telah memasuki tahapan penting, lanjutnya, yaitu masa kampanye dan masa tenang menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden secara langsung, membutuhkan konsentrasi yang tinggi bagi setiap prajurit terkait tugas pengamanan dilapangan, sebagaimana diketahui bahwa posisi TNI tidak terkecuali Korps Marinir menyikapi Pilpres mendatang sudah memegang teguh komitmen netralitas.

 

Dalam kesempatan tersebut Komandan Pasmar-1 mengingatkan kepada seluruh prajurit Korps Marinir khususnya jajaran Pasmar-1 yang terlibat dalam pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 agar menjalin hubungan kerjasama dan koordinasi 
yang baik dengan aparat-aparat terkait, sehingga menjamin penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dapat berjalan dengan kondusif dan demokratis. 
Dengan diadakannya gelar kesiapan tersebut diharapkan semakin memperkuat kemampuan antisipasi prajurit dan satuan jajaran Pasmar-1 terhadap berbagai potensi konflik baik vertikal maupun horizontal yang mungkin timbul.

 

“Dengan bekal professional dan disiplin yang telah melekat di dada dan jiwa raga prajurit Korps Marinir, saya yakin kalian akan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan siap digerakkan ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Danpasmar-1.

 

Usai gelar kesiapan, Komandan Pasmar-1 didampingi pejabat teras Pasmar-1 melaksanakan pengecekan material yang akan digunakan dalam pengamanan pemiliah Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.
Sumber : Marinir