PRAJURIT YONMARHANLAN IX AMBON LATIHAN NAVIGASI LAUT

Segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon melaksanakan latihan Navigasi Laut di Dermaga Beijing Lantamal IX Ambon, Kamis (17/04/2014).
 

Kegiatan yang dipimpin langsung Danyonmarhanlan IX Mayor Marinir Datuk Sinaga ini merupakan latihan LPD/LPK TW. II TA. 2014. 
Tujuan latihan ini adalah sebagai pembinaan secara berkala dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit Yonmarhanlan IX, sehingga prajurit mampu memenuhi persyaratan dalam melaksanakan tugas yang diemban baik di darat maupun di laut.


 
Dalam materi latihan tersebut, prajurit Yonmarhanlan IX dituntut untuk mampu menentukan, membaca, dan mencari koordinat yang ditentukan serta mengorientir peta dengan menggunakan Kompas dan GPS, serta mempraktekannya dengan medan sesungguhnya yang sudah ditentukan dan disiapkan oleh bagian Operasi Latihan yang dipimpin Pasiops Yonmarhanlan IX Kapten Marinir Erwin Triyulianto.

Dengan berbekal Peta, GPS dan Kompas, prajurit Yonmarhanlan IX yang dibagi beberapa Tim, bergantian menyeberangi Teluk Ambon menggunakan 2 perahu karet untuk menemukan sasaran yang berisi informasi tentang koordinat selanjutnya.

 

Danyonmarhanlan IX Mayor Marinir Datuk Sinaga, dalam arahannya menyampaikan bahwa latihan ini diselenggarakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan maupun ketrampilan personel baik perorangan atau satuan agar tercapai tingkat kesiapan tempur dan operasional yang dipersyaratkan.

Lebih lanjut, Mayor Marinir Datuk Sinaga menekankan kepada seluruh prajurit, agar tetap memperhatikan aspek keselamatan dalam latihan, sebelum dan sesudah melaksanakan latihan diawali dengan berdo’a sehingga diberi keselamatan kesuksesan oleh Tuhan Yang Maha Esa.


 
Usai latihan Navigasi Laut, dilanjutkan dengan lomba dayung perahu karet yang memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan dari Danyonmarhanlan IX, dengan harapan agar terjaga kekompakan dan kerja sama serta suasana gembira ditempat latihan.
Sumber : Marinir

PRAJURIT YONMARHANLAN IX AMBON LATIHAN NAVIGASI LAUT | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply