Presiden Malawi Jual Pesawat Jet Mewah Agar Rakyat Bisa Makan

Presiden Malawi Jual Pesawat Jet Mewah Agar Rakyat Bisa Makan – Pesawat jet mewah milik kepresidenan Malawi yang disebut hanya menyebabkan pemborosan akan dijual oleh Presiden Joyce Banda. Pemimpin Malawi sebelumnya Presiden Bingu wan Mutharika membeli 14 pesawat berjenis penumpang tipe Dassault Falcon 900EX.

Saat Bingu membeli pesawat yang memakan biaya perawatan dan asuransi hingga US$300.000 per tahun tersebut, banyak negara Barat yang protes. Sejumlah negara Barat berperan sebagai donatur yang menggelontorkan dana sebesar 40% dari anggaran negara itu.

Departemen Keuangan Malawi mengungkapkan hasil penjualan jet mewah yang bernilai US$15 juta rencananya akan digunakan untuk memberi makan rakyat yang mengalami masalah kekurangan pangan parah Berdasarkan data dari komite Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), tercatat sebanyak 1,46 juta rakyat Malawi menderita masalah pangan yang parah.

Presiden Joyce Banda memutuskan menjual pesawat sebagai bentuk perbaikan kebijakan presiden sebelumnya.

Joyce Banda juga mengambil kebijakan berupa pemangkasan 30% dari gajinya dan penjualan 35 mobil Mercedes Benz yang dipakai para menteri. Keputusan besar tersebut diambil guna meningkatkan perekonomian rakyat dan penghematan anggaran negara.

Sementara itu karena kebijakan devaluasi mata uang kwacha malah menimbulkan inflasi, sehingga harga-harga makanan di pedesaan naik.

Oleh karena itu, Joyce Banda yang rencananya akan bertarung untuk pemilihan umum tahun 2014 kurang begitu didukung oleh masyarakat di daerah pelosok. | ciricara.com