Presiden SBY Kecam Agresi Militer Israel

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan, aksi serangan militer Israel di Jalur Gaza, Palestina, yang telah menewaskan ratusan warga sipil tidak berdosa harus segera dihentikan.
 
“Indonesia menggarisbawahi empat hal menuju perdamaian dan keamanan di Jalur Gaza. Pertama, aksi militer Israel harus segera dihentikan,” kata Presiden dalam acara peringatan Nuzulul Quran di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/7) malam WIB.

Presiden menegaskan, dukungan Indonesia terhadap Palestina telah lama disuarakan termasuk mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Selain itu, Indonesia juga dalam posisi mengecam keras aksi militer Israel yang tidak proporsional itu. “Aksi militer tidak hanya melanggar Hak Asasi Manusia, tetapi juga bertentangan dengan hukum internasional,” katanya.

SBY mengimbau adanya gencatan senjata yang harus segera dicapai dengan pengawasan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden juga mendesak aksi balas membalas harus dicegah dan bantuan kemanusiaan kepada korban aksi militer harus segera diberikan.

“Jika empat sasaran ini dapat dicapai, Indonesia ingin agar perundingan damai menuju terbentuknya Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat dapat segera dilanjutkan,” katanya.

Sumber : Republika