Presiden SBY kunjungi pelatihan tempur III/Siliwangi di Lebak

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi lokasi pelatihan dan pendidikan prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) Resimen Induk Korban (Rindam) III/Siliwangi di Ciuyah, Lebak, Banten. 

Presiden ditemani Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi beserta rombongan.

SBY meninjau barak-barak tempur, ruang belajar para personel TNI dengan berjalan kaki. “Jaga kebersihan ya,” ujar SBY setelah keluar dari salah satu barak prajurit, Ciuyah, Lebak, Banten, Senin (23/12).

Kemudian, SBY mengunjungi sebuah ruang kelas para prajurit. Disana SBY melihat para prajurit yang tengah belajar. SBY keluar dan mengajak para prajurit yang tengah belajar itu untuk bergabung ke kelas prajurit lainnya yang dilakukan di alam terbuka.

Di sana, puluhan prajurit tengah menyimak pelajaran Teknik Pertempuran Dasar yang diajarkan Lettu Infantri Subagyo. SBY bersama Ibu Ani duduk bersama bergabung dengan para prajurit, di bangku yang terbuat dari bambu. SBY dan Ibu Ani menyimak dengan seksama materi yang diberikan oleh Lettu Infantri Subagyo.

Usai menyimak materi, SBY kemudian menyemangati mereka, para prajurit yang berbaju loreng.

“Kalian siap bertempur untuk negara dan bangsa, untuk Merah Putih? Ikuti pendidikan baik-baik. Kalau harus bertempur untuk negara, dengan baik-baik. Selamat, tapi negara tetap tegak berdiri. Selamat berlatih,” ujar SBY.

SBY kemudian bergerak meninggalkan para prajurit dan menuliskan sebuah pesan di atas marmer. Tulisan pesan itu berbunyi, “Jadilah prajurit profesional dan siap bertempur untuk Merah Putih,” demikian yang ditulis SBY sebelum meninggalkan lokasi.

Terakhir, SBY menanam pohon sebagai simbolik.

Sumber : Merdeka