PT PAL Hari Ini Mulai Produksi Kapal Perang Pesanan TNI AL

PT PAL Indonesia pada Rabu (16/4/2014) siang ini akan menandai proses keel laying atau peletakan lunas sebuah kapal perang yang akan diproduksi perusahaan itu.
Keel laying sendiri merupakan peletakan lunasatau kalau manusia awam seperti peletakan batu pertama sebuah gedung. 

Tapi di dunia perkapalan peletakan batu pertama diberinama peletakan lunas atau peletakan keel.
Keel atau lunas sendiri adalah sebuah landasan bawah kapal yang akan dibangun. Dengan peletakan lunas ini maka menandai proses pembuatan kapal itu sendiri.

Kapal yang akan dilakukan peletakan lunas siang ini adalah kapal perang jenis perusak rudal atau biasa disebut PKR.

Kapal ini merupakan bagian dari tiga kapal PKR seri 105 yang diproduksi PT PAL bekerjasama dengan perusahaan kapal DSNS asal Belanda.

Pembuatan kapal sendiri sekaligus sebagai upaya alih teknologi dari industri galangan Belanda ke PT PAL. Karenanya dari 3 kapal perang yang telah dipesan TNI Angkatan Laut ini satu diproduksi PT PAL dan dua lainnya diproduksi di Belanda.

Untuk memproduksi kapal perang jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) ini, beberapa personel PT PAL juga telah menyelesaikan serangkaian pelatihan di Belanda.

Keel laying sendiri siang ini rencananya akan dilakukan langsung oleh Laksamana TNI Marsetio Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), M. Firmansyah Arifin Direktur Utama PT PAL, serta beberapa pejabat pertahanan lainnya baik dari Indonesia maupun dari Belanda.
Sementara itu pantauan suarasurabaya.net di PT PAL proses peletakan lunas sendiri saat ini masih menunggu kedatangan Laksamana TNI Marsetio. Rencananya peletakan lunas ini akan digelar sekitar pukul 11.00 siang ini. 

Sumber :  suarasurabaya.net