Rahasia orang kaya simpan dan kelola uang mereka

Katakepo.blogspot.com – Jumlah orang kaya di dunia terus bertambah, terutama di Amerika Serikat. Tahun lalu saja, jumlah orang superkaya di Amerika yang berharta di atas USD 30 juta atau setara dengan 389 miliar tumbuh 6 persen.
Dalam laporan lembaga riset Wealth-X, sekarang ada 69.560 orang superkaya Amerika dengan kekayaan di atas USD 30 juta. Kelompok ini di Amerika dikenal dengan sebutan Ultra High Net Worth Individuals (UHNWI).
California menyimpan orang superkaya terbanyak yaitu mencapai 13.445 orang. Sedangkan yang kedua adalah New York dengan jumlah orang superkaya mencapai 9.530 orang.
Dilansir dari CNBC, jumlah triliuner dunia berharta di atas USD 500 juta juga tumbuh lebih cepat dari semua tingkatan kekayaan. Sekarang ada 2.031 orang triliuner barharta di atas USD 500 juta dan 571 orang berharta di atas USD 1 miliar.
Melihat kekayaan para miliuner ini terkadang menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana cara orang kaya menyimpan uang mereka.
Dilansir dari lifehack.org, terdapat beberapa cara orang kaya menyimpan uang mereka dalam kehidupan keseharian. Cara ini mungkin bisa Anda terapkan karena telah berhasil menambah pundi pundi kekayaan mereka.
Berikut beberapa cara orang kaya menyimpan uang mereka:

Hati hati dengan biaya kecil

Kebanyakan dari Kita sangat berhati hati jika ingin melakukan investasi besar dan pembelian dengan harga yang tinggi. Namun, kita cenderung mudah untuk menghabiskan sembarangan pada biaya yang kelihatannya kecil.
Kebanyakan masyarakat lupa biaya yang kecil jika dikumpulkan akan menjadi besar.
Penasehat Keuangan, Suze Orman pernah mengatakan jika saja Anda bisa memotong sedikit pengeluaran, maka ini nantinya akan berdampak besar.
“Lihatlah di mana mana Anda bisa memotong sedikit dari pengeluaran Anda. Itu semua akan menambahkan hingga jumlah yang berarti.”

Fokus pada masa depan

Memang sangat mudah menghabiskan uang untuk mendapatkan sesuatu yang disukai. Namun ini semua akan berakhir dengan menghabiskan ‘semuanya’ tanpa peduli seberapa baik yang barang yang Anda terima.
Alihkan fokus ke masa depan dan bukannya kepuasan di masa sekarang.
“Anda bisa menjadi muda tanpa uang, tetapi Anda tidak bisa tua tanpa itu,” ucap Tennessee William. Tafsiran sederhananya adalah Anda harus sukses dan kaya sebelum tua.

Berhenti membeli barang tak perlu

Banyak dari masyarakat membeli barang untuk mengharapkan umpan balik atau ‘penghargaan’ dari rekan rekan dan teman mereka. Kini Anda harus menetapkan batas dan berhenti membuat orang terkesan. Ingatlah masih ada langit di atas langit.
Anda harus membeli hal hal atau barang yang benar benar Anda butuhkan dan tidak perlu membuat orang lain terkesan.
“Berhenti membeli hal hal yang tidak perlu untuk mengesankan orang orang, padahal Anda tidak suka barang itu,” ucap Suze Orman.

Letakkan sesuatu dalam hitam dan putih

Ada begitu banyak celah dan lubang pengeluaran di dunia ini jika Anda tidak mempunyai rencana dan anggaran dalam keuangan. Anda harus memetakan arus uang masuk dan arus uang keluar. Orang kaya tahu di mana ada uang datang dan ke mana uang itu harus pergi.
Aplikasi dan lembar Microsoft Excel disebut bisa membantu untuk memetakan arus keuangan.
“Anggaran memberitahu ke mana uang Anda harus pergi, bukannya bertanya tanya ke mana uang Anda pergi,” ucap John C. Maxwell.

Kerja keras

Berbeda dengan persepsi umum bahwa orang orang kaya hanya bersenang senang dan menikmati hidup mereka. Faktanya adalah orang kaya bekerja lebih keras dari pada orang biasa, setidaknya dalam usia produktif.
Jadi cobalah untuk meningkatkan penghasilan dan menyimpan uang dengan porsi lebih besar dari sebelumnya.
“Saya suka bisnis dan saya simpan jauh lebih besar daripada yang saya habiskan. Saya berinvestasi dan saya berencana untuk masa depan. Saya memiliki mata untuk peluang dan bekerja keras dari pada orang yang mungkin hanya berharap,” ucap Sofia Vergara.

Simpan sebagian besar dari penghasilan

Pendapat umum selama ini menyebut bahwa orang kaya selalu menonjol dan menghabiskan uang mereka. Padahal tidak sama sekali, ini juga yang membuat mereka tetap kaya.
Mereka selalu menyimpan sebagian besar pendapatan mereka. Orang kaya selalu memastikan tidak akan kehabisan uang pada titik tertentu.
“Simpan satu per tiga dari pendapatan Anda dan hiduplah dari satu per tiga kemudian memberi satu per tiga,” ucap Angelina Jolie.

Manfaatkan penjualan dan tawar-menawar

Seperti kebanyakan masyarakat, orang kaya selalu mendapatkan nilai tertinggi dari uang. Mereka selalu mencoba mendapatkan nilai lebih dengan melakukan penawaran hebat, mencari yang murah dan diskon.
“Mengapa Anda harus membayar lebih untuk sesuatu yang orang lain bisa membayar lebih murah untuk itu,” ucap Sarah Michelle Gellar.