Raja Ponsel 2014 di Tiongkok

Mengalahkan samsung, dialah xiaomi, si raja ponsel di negara Hongkong, unggul atas huawei maupun samsung. Xiaomi ini merk baru tapi kehadirannya banyak membuat perubahan.

Selama empat bulan berturut-turut, Xiaomi yang merupakan produk asli Tiongkok berhasil menjadi pemimpin pasar di negaranya. Bahkan merek ini sukses menguasai 30 persen pasar smartphone di Tiongkok mengungguli Samsung dan Huawei.

“Kami melihat pergantian kekuasaan yang besar di pasar Smartphone Tiongkok beberapa tahun terakhir,” kata Strategic Insight Director firma analisa Kantar Worldpanel ComTech Dominic Sunebo.

Bulan lalu, perusahaan yang dijuluki sebagai Apple dari Tiongkok itu berhasil mengepalkan 15 juta smartphone di Tiongkok pada kuartal kedua 2014. Angka itu melonjak dari sebelumnya yang hanya 4,4 juta unit atau tumbuh 240 persen.

Sementara itu, firma riset Canalys melaporkan pencapaian Xiaomi tersebut menyalip Samsung yang hanya menjual 13,2 juta Smartphone. Padahal di periode sebelumnya produk asal Korsel itu mampu menjual 15,5 juta smarphone di Tiongkok.

sumber:
jpnn