Rusia Bakal Bantu RI di Bidang Nuklir dan Pesawat Canggih

Jakarta -Pemerintah Rusia memiliki komitmen tinggi menjalin kerjasama dengan Indonesia. Rusia siap dan bersedia membantu Indonesia mengembangkan dan melakukan alih teknologi untuk industri dirgantara dan energi nuklir.

Untuk sektor industri dirgantara, Rusia bersedia membantu mengembangkan dan memproduksi suku cadang pesawat komersial di Indonesia.

“Bekerjasama penerbangan nasional dan membangun suku cadang,” kata Deputi Perdana Menteri Rusia Dmitry O. Rogozin saat pertemuan bisnis antara Indonesia dan Rusia di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (25/2/2014).

Selain onderdil pesawat, Rusia bersedia membantu Indonesia untuk mengembangkan dan melakukan transfer teknologi pembuatan pesawat tanpa awak super canggih.

“Ada prospek cerah dan alih teknologi terutama teknologi yang bisa digunakan tujuan militer dan sipil. Kita bisa kembangkan kerjasama di bidang sistem pesawat tanpa awak,” jelasnya.

Selain bidang kedirgantaraan, Rusia siap membantu pemerintah Indonesia mengembangkan teknologi di sektor energi nuklir.

“Bila ada keputusan sektor energi, maka pemerintah Rusia bersedia memberikan pengalihan teknologi canggih di bidang energi nuklir. Artinya pihak kami, bersedia kembangkan dengan Indonesia,” sebutnya.

Sumber : Detik