Rusia Puas dengan Pelaksanaan Indo Defense Expo

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Y. Galuzin, pada Jumat 7 November, mengatakan puas dengan pelaksanaan Indo Defense Expo yang digelar pada 5-8 November di Jakarta.

“Partisipasi Rusia dalam pameran Indo Defense adalah sebuah kesuksesan,” kata Galuzin.

Kapal kelas fregat Rusia yang bersandar di Dermaga 2 Pelabuhan Tanjung Priok, sejak Selasa 4 November itu, termasuk dalam berbagai peralatan tempur yang dipamerkan Rusia pada Indo Defense.

“Saya sangat puas bahwa pameran kami dikunjungi oleh sejumlah pejabat tinggi militer Indonesia,” ucap Galuzin, menyebut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan para pejabat tinggi lainnya.

Ada 56 negara yang turut berpartisipasi, serta setidaknya 18.000 pejabat politik, militer, delegasi internasional, dan pengusaha yang diperkirakan hadir pada acara pameran pertahanan itu di JIExpo Kemayoran.

Galuzin mengatakan melihat ketertarikan yang kuat, terhadap perlengkapan militer Rusia yang dipamerkan. Sehingga dia berharap partisipasi Rusia dapat berkontribusi lebih jauh dalam pengembangan kerjasama militer Rusia dan Indonsia.

Menurutnya, partisipasi Rusia memperlihatkan keterbukaan, untuk berbagai kemungkinan kerjasama dengan Indonesia di bidang maritim. “Bukan hanya dalam bidang militer,” kata dia.

Potensi kerjasama Rusia-Indonesia disebutnya lebih luas lagi, mencakup pembangunan kapal penumpang sipil dan kargo berukuran kecil dan sedang. Itu dibutuhkan untuk membangun konektivitas ribuan pulau yang dimiliki Indonesia.

“Kami juga memiliki pengalaman dalam bidang logistik, pelabuhan dan pengelolaan pelabuhan. Kami berharap pengalaman, keahlian dan peralatan yang kami miliki akan berguna bagi Indonesia,” tutur Gazulin.

Sumber : Viva