Sang Legenda KRI Dewaruci Hadir di Bali

Kapal layar tiang tinggi legendaris dunia KRI Dewaruci, tiba dan sandar di dermaga Pariwisata Pelabuhan Benoa dalam rangka pelayaran Astronomi KJK (Kartika Jala Krida) 2014. 

Semenjak dikabarkannya KRI Dewaruci akan datang ke Bali terlihat antusias masyarakat Bali pun berbondong-bondong merasakan berada di dalam Kapal Latih kebanggaan Indonesia itu dan menyaksikan secara dekat di Pelabuhan Benoa, Bali, Senin (02/6).
 

Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (S) Julius Widjojono beserta Perwira Staf dan Anggota Lanal Denpasar melaksanakan penyambutan kedatangan KRI Dewaruci tersebut yang didahului dengan tarian penyambutan tari Penyembrahma. 
Hadir dalam undangan tersebut: Pangdam IX/Udayana yang diwakili oleh Asops Kodam IX/Udayana, perwakilan dari Lanud Ngurah Rai, Dirpolairud Polda Bali, Kancab Pelindo III serta undangan lainnya di kawasan Pelabuhan Benoa.

“Selama berada di Bali, kami memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat mengenal lebih dekat TNI AL dan KRI Dewaruci,” kata Komandan KRI Dewaruci, Letkol Laut (P) Anung Sutanto, pada saat merapat di Pelabuhan Benoa, Senin (02/06).

KRI Dewaruci rencana berada di Pulau Dewata selama 4 hari (2-5 Juni) sebagai bagian misi KJK 2014 dan rangka Latihan Pelayaran Astronomi bagi para Kadet Akademi TNI AL Tingkat II Angkatan 61, yang membawa 70 Kadet Akademi TNI AL, pelayaran yang bertajuk Kartika Jala Krida 2014. 
Telah menempuh rute tempuh Surabaya-Tarakan-Qingdao (China)-Busan (Korea Selatan)-Sasebo (Jepang)-Manila (Filipina)-Bitung-Sorong-Makassar-Benoa, dan akan berakhir di Surabaya.

Bukan cuma menerima kehadiran para warga Bali saja, karena 70 kadet Akademi TNI AL yang ada di dalam lambung KRI Dewaruci juga mempersembahkan kemahiran mereka ber-drum band/marching band dengan atraksi yang yang rencananya akan melaksanakan Kirab Kota Denpasar pada hari Selasa (03/06), dengan Genderang Sulingnya yang akan mulai start di Museum Bajra Sandi Lapangan Puputan Renon Denpasar.

Letkol Laut (P) Anung Sutanto berharap kedatangan KRI Dewaruci di Bali bisa menjadi ajang promosi dan merangsang minat generasi muda terbaik bergabung bersama TNI AL untuk menjaga wilayah laut Negara kita yang kita cintai ini.
Sumber : TNI