Satgas Guspurlaarmabar Sambut KRI Bung Tomo-357 di Perairan Pulau Rondo

KRI Bung Tomo-357 kapal perang jenis Multi Role Linght Frigate (MRLF) yang dibeli pemerintah Indonesia dari Inggris tiba di perairan Indonesia di sekitar pulau Rondo, Sabang, Propinsi Nangro Aceh Darussalam (NAD). 

Kedatangan KRI Bung Tomo di Tanah Air disambut Kepala Staf Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Kasguspurlaarmabar) Kolonel Laut (P) Rahmat Eko Raharjo dan Asisten Logistik Danguspurlaarmabar Kolonel Laut (T) Nurwahjudi Juniartono, menggunakan KRI Oswald Siahaan-354, Minggu (7/9). 

KRI Oswald Siahaan-354, yang dikomandani Letnan Kolonel Laut (P) Avianto Roosiawan, S.E., ini berada dibawah kendali operasi (BKO) Guspurlaarmabar mendapat kepercayaan menyambut kedatangan KRI yang baru dibeli pemerintah Indonesia dari Inggris (BAR Systems Marine). 

KRI Bung Tomo-357 ini merupakan salah satu dari tiga buah kapal jenis MRLF yang akan memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut. Spesifikasi Kapal MRLF yang akan menambah kekuatan alut sista TNI Angkatan Laut ini mempunyai berat tonase 1,940 ton dengan panjang keseluruhan 95 meter, lebar 12,8 meter, dengan tenaga penggerak mesin 4 X Man B&W ruston diesel engine. 

Kapal perang baru ini mempunyai kecepatan bisa sampai 30 knot dengan daya jelajah 9.000 km. Kapal perang ini diawaki sekitar 79 prajurit. Persenjataan yang ada di KRI jenis MRLF ini antara lain, meriam Oto Melara 76 mm, dua meriam MSI Defence DS 30 B REMSIG 30 mm, Peluncur Triple BAE System kaliber 324 mm untuk perang atas air, enam belas tabung peluncur peluru kendali permukaan ke udara VLS MBDA VLS Mica (BAE System), dua tabung peluru kendali MBDA (Aerospatiale) MM-40 Block II Exoxet. 

Kapal MRLF ini menggunakan Radamec 2500 yang merupakan perangkat sensor elektro optic weapon director, dimana alat ini dapat disetting multi mode auto tracker, yaitu lima sasaran dapat dipantau sekaligus dari jarak 18.000 meter. 

Dalam penyambutan KRI Bung Tomo-357 ini juga,dilaksanakan latihan-latihan serial dengan KRI Oswald Siahaan-354 dan foto exercise. Setelah memasuki peraiaran Indonesia, KRI Bung Tomo-357 selanjutnya akan singgah pertama kali di Belawan.

Sumber : Koarmabar