Selain Penguasaan Alutsista, Denarhanud Rudal 003 Laksanakan Serbuan Teritorial

Detasemen Arhanud (Denarhanud) Rudal 003 dibawah komando Kodam Jaya/Jayakarta mempunyai peran strategis dalam mengamanankan Obyek Vital (Obvit),  di Jakarta dan daerah Bogor, Depok, Tangerang serta Bekasi.

“Denarhanud  Rudal 003 mempunyai tugas pokok, salah satunya yaitu melindungi Obyek Vital (Obvit) nasional yaitu Istana Negara (Jakarta), Puspitek Serpong (Tangerang) dan Bandara Sukarno-Hatta, Tangerang (Banten) dari serangan  musuh lewat udara, jika dalam 

kondisi tertentu seperti kondisi perang,” kata Komandan Detasemen Arhanud Rudal 003 Mayor Arh. Yogi Nugroho, BS kepada Lindo.com  di Markas Denarhanud Rudal 003, Cikupa, Tangerang, Provinsi Banten, Senin (26/1).

Pihaknya juga lanjut Mayor Arh. Yogi Nugroho, mempunyai tugas melakukan pengamanan Very Very Important Person  (VVIP) seperti Presiden, Wakil Presiden (Wapres) dan tamu negara, jika diminta oleh komando atas.

Seperti halnya waktu Presiden Amerika Serikat Barack Obama melakukan kunjungan kerja ke Indonesia beberapa waktu yang lalu, satuannya mendapat perintah dari komando atas untuk pengamanan VVIP, dengan mengerahkan pasukan dan menempatkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) Denarhanud Rudal 003, di Istana Negara dan Universitas Indonesia (Depok).     
Ia menjelaskan satuannya memiliki Alutsista, salah satunya yaitu  Rudal Poprad bisa mobile, yang mempunyai jarak tembak 5500 meter, yang dibuat pada 2007 dari negara Polandia.

Denarhanud Rudal 003 juga memiliki Alutsista Meriam 23 mm/Zur  Komposit Rudal Grom asal Polandia, yang memiliki jarak tembak sejauh 2500 meter.  Tak kalah canggihnya, satuannya memiliki radar MMSR (Mobile Multibeam search radar), yang bisa mendeteksi/menangkap sasaran udara dari jarak 40 km (Kilometer).

“Dari Alutsista yang kami miliki,  personelnya diwajibkan memiliki kemampuan mengawaki alutsista. Salah satunya yaitu radar MMSR (Mobile Multibeam search radar), yaitu dengan diberikan materi pengenalan pesawat udara, yang 40 Km masuk radar.   

Personel Denarhanud Rudal 003 harus mengenali pesawat yang masuk radar, dari bentuk karakternya, dimensinya, sehingga bisa diketahui jenis pesawat apa yang masuk radar,” jelasnya.

Namun tambah  Mayor Arh. Yogi Nugroho, yang tak kalah pentingnya dilakukan oleh Denarhanud Rudal 003, adalah melakukan Serbuan Teritorial (ST), sebagaimana  yang dilakukan oleh satuan wilayah, baik Kodim dan Koramil.

Langkah sederhana dalam Serbuan Teritorial  (ST) oleh Denarhanud Rudal 003, yaitu personelnnya untuk melakukan sholat Jum’at ke masjid di luar markas Denarhanud Rudal 003 dan juga ke Masjid Istiqlal (Jakarta).

“Kami juga melaksanakan Kerja Bakti  di desa- desa Kabupaten Tangerang pada setiap bulannya, seperti kegiatan pembersihan jalan, dan sungai, serta melakukan koordinasi ke sekolah-sekolah SMA dan SMK, untuk pelatihan bela negara kepada para siswa SMA/SMK,  dalam rangka meningkatkan jiwa nasionalisme kepada siswa SMA/SMK,”  terang Mayor Arh. Yogi Nugroho. 

Sumber : Media