Selamatkan Bangsa Ini

Jika kalian berfikir bahwa ekonomi Amerika sedang buruk (disusul tumbangnya WallStreet, lihat detailnya), silakan dipikir-pikir kembali…

1. 10 million Zimbabwean Dollars (Z$100,000,000,000) = US$4

2. 500,000 vietnamese Dongs = US$30

3. 100,000 Indonesian rupiah = US$ PlusMinus 10

4. 50,000 Iranian Rial = US$5

5. 50,000 São Tomé Dobra = US$3.47

6. 10,000 Guinean Francs = US$2.33

(Untuk ulasan lebih jauh, silakan lihat di http://oddee.com/item_96464.aspx)

Gimana? Apa pendapat Anda melihat Negara Kita yang Kaya akan hasil Bumi dan Lautnya menempati peringkat ke-3 dalam kategori “Mata Uang yang tidak Berharga” ?

Apa yang salah dengan bangsa ini? Ehem.. STOP mencari yang salah, mulailah memperbaiki diri sendiri dan dari hal terkecil (ngutip ucapan Aa Gym).

Saya sebagai Mahasiswa Indonesia terkadang sangat Bangga sekaligus Prihatin melihat Mahasiswa yang demo tentang kebijakan yang dibuat Pemerintah (apalagi kalau berakhir ricuh, jelas bukan Mahasiswa, bukankah Mahasiswa Kaum terpelajar? Masa Ricuh?! Malu2in! 👿 ).

Prihatin karena kebanyakan Mahasiswa tidak sadar bahwa untuk merubah bangsa, tidak bisa dengan hanya menuntut pemerintah, namun juga harus diikuti tindakan nyata. Meskipun tindakan Nyata ini kecil bentuknya, akan tetapi jika dilakukan oleh orang per orang secara menyeluruh, tentu berdampak besar.

Oke Saya mengerti, sebagai Mahasiswa biasanya minta diberikan contoh kongkrit/jelas. Berikut beberapa hal “kecil” yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan Bangsa Indonesia kita tercinta ini:

1. Gunakan Produksi Dalam Negeri dalam semua aktifitas hidupmu (sektor riil dan usaha-usaha kecil akan berkembang dan dapat dengan lantang mengatakan “KITA BISA HIDUP DARI NEGERI KITA SENDIRI”)

2. Jangan Menkonsumsi Produk Makanan Luar Negeri (jika suka durian, tidak perlu harus durian bangkok; tidak perlu makan makanan di outlet-outlet luar negeri, jika suka ayam goreng, ayam kampung kita juga tidak kalah enaknya)

3. Gunakan Angkutan Massal (Krisis tidak hanya ekonomi, tapi juga Energi)

4. Berbelanjalah di Pasar-pasar Tradisional (trust me! Ekonomi Kerakyatan mampu menyelamatkan Ekonomi kita)

5. Jika Anda Pelaku Bisnis, Tolong jangan hancurkan Produk lokal demi keuntungan pribadi/keluarga/golongan semata. Banyak yang mengimport barang-barang murah. Hal ini akan menghancurkan produk lokal

6. ada yang ingin menambahkan?

Lihat, betapa “sepelenya” hal yang disebutkan diatas. Hal kecil ini kadang tidak kita sadari tapi ketahuilah, EFEK nya LUAR BIASA. Bayangkan! Jika semua anak bangsa ini berfikiran sama, jika Anda konversikan dengan modal yang berputar maka Anda akan Kaget dan terheran-heran melihat IMPACT yang sangat luar biasa.

Yakin dan Percayalah bahwa dengan cara ini, Krisis tidak akan terjadi DI SINI, DI BUMI INDONESIA

Pesan terakhir, ini buat Para Pejabat yang ada di Pemerintahan, Saya bukan orang Ekonomi apalagi Praktisi atau Pakar Politik, hanya seorang Mahasiswa Farmasi. Melihat opsi diatas, tentu Anda semua dapat membayangkan kebijakan apa yang HARUS dibuat untuk mendukung langkah “sepele” diatas.

Siapa lagi yang bisa membantu Bangsa kalau bukan Kita?