SEPASKA KOBANGDIKAL, LULUSKAN 14 PRAJURIT KOPASUS TNI AD KUALIFIKASI PASKA

Sekolah Pasukan Katak yang bernaung di bawah Pusat Pendidikan Khusus, Komando Pendidkan Operasi Laut (Kodikopsla), Kobangdikal, kembali meluluskan 14 prajurit  Komando Pasukan Khusus (Kopasus) TNI Angkatan Darat berkualifikasi Pasukan Katak, Selasa, (10/12/2013).

Pendidikan yang telah berlangsung selama 3,5 bulan tersebut, ditutup orang nomor satu di jajaran Kodikopsla, Komandan Kodikopsla Laksamana Pertama TNI Aswad, S.E., M.M. di lapangan apel Pusdiksus Kesatrian Kodikopsla, Ujung, Surabaya.

Pendidikan paska bagi prajurit Kopasus ini diikuti 15 personil, namun hanya 14 personil yang berhasil menyelesaikan pendidikan, sedangkan satu orang terpaksa dipulangkan ke kesatuan TNI AD dikarenakan sakit saat mengikuti Proses Pendidikan.

Dari 14 personil pasukan elit TNI AD yang selesai melaksanakan pendidikan tersebut, dua diantaranya adalah Perwira Pertama (Pama), 11 bintara dan satu tamtama. Dari jumlah tersebut semuanya berasal dari Satuan Detasemen 81 Kopasus yang bermarkas di Cijantung, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodikopsla mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa Kopasus menyelesaikan pendidikan kualifikasi pasukan Katak di Sepaska, Pusdiksus, Kodikopsla, Kobangdikal.

Menurutnya, tujuan diselenggarakannya Dikpaska- Kopasus ini untuk membentuk prajurit TNI berkualifikasi Pasukan katak yang bermental Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang memiliki kecakapan dan kemampuan melaksanakan tugas-tugas khusus aspek laut.

Tugas khuhus aspek laut lanjutnya, mencakup operasi intelijen maritim, peperangan khusus bawah air, penyusupan dan penghancuran sasaran melaui laut serta pembersihan bawah laut untuk mendukung operasi amfibi .

“Ilmu yang didapatkan di Sepaska ini, hanyalah pengetahuan dasar dari Pasukan Katak, untuk mencapai tingkat professional hendaknya dikembangakan lebih lanjut di kesatuan Komando Pasukan Khusus TNI AD dimanapun kalian ditempatkan,” pintanya.

Hadir dalam acara tersebut Wadan Kodikopsla Kolonel Laut (P) Sandi Asmara, Perwira perwakilan dari Kopasus, Komandan Pusdiksus Kolonel Laut (P) Zaenal Akbar S. Sos, Komandan Sekolah Pasukan Katak (Dansepaska) Letkol Laut (T) A. Purwanto, Komandan Sekolah Penyelam (Danseselam) Mayor Laut (KH) A. Fauzi, serta para pejabat teras di jajaran Pusdiksus lainnya.
Sumber : TNIAL