Sertijab KSAU, Panglima: Tak Mungkin Unggul di Laut Kalau Tak Unggul di Udara

Presiden Joko Widodo telah menginsyaratkan untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Menurut Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, kekuatan udara menjadi unsur penting untuk menunjang realisasi rencana tersebut.

“Kita tidak mungkin unggul di laut kalau tidak punya keunggulan udara. Itulah kunci, rumus,” kata Moeldoko usai menghadiri sertijab KSAU di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Kamis (15/1/2015).

Moeldoko mengatakan, kekuatan udara mutlak tidak boleh ditinggalkan. Justru harus dibangun dengan baik karena akan sangat menunjang kekuatan maritim Indonesia.

“Sejalan dengan rencana pemerintah membangun poros maritim dunia di antaranya aspek keamanan laut, maka kekuatan udara kita tidak boleh ditinggalkan. Justru harus dibangun dengan baik karena keunggulan udara akan menjamin keamanan kelautan,” jelasnya.

Menurur KSAU yang baru, Marsekal Madya Agus Supriatna, tidak sulit menjelaskan apa yang akan dilakukannya untuk kemajuan TNI AU. Ia hanya akan menjalankan 7 kebijakan panglima TNI.

“Kalau saya tidak sulit. Mudah sekali, yaitu 7 kebijakan panglima TNI. Tinggal saya implementasikan saja,” jelasnya di kesempatan yang sama. 

Sumber : Detik