SISTEM OTOT

Nah bahasan yang ini tentang mempelajari struktur organ yang termasuk sistem otot secara histology

Jaringan otot terkhususkan untuk berkontraksi. Serabut-serabut otot atau sel otot merupakan komponen utama dari jaringan otot.

Terdapat tiga jenis otot, yaitu otot polos, otot jantung, dan otot rangka. Secara histology otot terdiri atas dua jenis, yaitu otot polos dan otot bergaris melintang. Otaot rangka dan otot jantung termasuk ke dalam otot bergaris melintang. Unit structural otot rangka adalah serabut, sedangkan unit structural otot polos dan otot jantung adalah sel.

1. Otot polos

Otot polos tampak tersusun dalam dua lapisan, lapisan dalam sel-sel otot polosnya tersusun melingkar dan lapisan sebelah luar sel-sel otot polosnya tersusun memanjang. Inti sel otot polos berbentuk lonjong dan pada sel otot yang sedang mengkerut intinya tampak melingkar. Miofibril sel otot polos homogen sehingga tidak menampakkan keping gelap dan keping terang.

2. Otot bergaris melintang

a. Otot rangka

Serabut otot pada penampang memanjangnya tampak sebagai pita-pita panjang yang tersusun sejajar satu sama lainnya. Intinya berbentuk lonjong, jumlahnya banyak dan terdapat di tepi serabut tepat di bawah sarkolema. Miofibril serabut otot rangka mengandung keping-keping gelap dan terang secara berurutan, dan pada tiap miofibril letaknya pada ketinggian yang sama. Di antara serabut-serabut otot terdapat jaringan ikat kendur yang disebut endomisium.

b. Otot jantung

Otot jantung berbeda dengan otot rangka, karena sel-selnya panjang, bercabang, dan bergabung satu sama lain dengan perantaraan cabangnya sehingga membangun suatu jala. Inti berbentuk lonjong dan berwarna pucat, terletak di tengah-tengah serabut. Serabut otot jantung, bergaris melintang tetapi tidak sejelas otot rangka dan pada tempat-tempat tertentu terdapat keping-keping interkalar.