SKADRON UDARA 16 LAKSANAKAN OPERASI TANGKIS SERGAP-14

Setelah diresmikan pengoperasiannya oleh Kepala Staf Angkatan Udara pada Minggu lalu, satu Flight pesawat tempur F-16 Skadron Udara 16 langsung melaksanakan misi operasi udara yakni Operasi Pertahanan Udara Tangkis Sergap-14 di wilayah udara Kosekhanudnas III, Medan.

Keberangkatan satu Flight pesawat tempur Multi Role ini dilepas langsung oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis di Shelter Skadron Udara 16, Senin (8/12).


Pada kesempatan tersebut Danlanud Rsn menyampaikan bahwa operasi udara pertama yang diemban oleh Skadron Udara 16 ini dipimpin langsung oleh Danskadron Udara 16, Letkol Pnb Firman Dwi Cahyo dengan pangkalan aju di Lanud Soewondo Medan.


“Sesuai dengan tugas yang diperintahkan pimpinan, Skadron Udara 16 merupakan satuan tempur dalam mengamankan wilayah udara Indonesia, khusus Indonesia bagian barat. 

Hari ini 3 pesawat kita terbangkan dalam melaksanakan patroli udara di wilayah udara Kosekhanudnas III dalam misi Operasi Tangkis Sergap,” demikian disampaikan Danlanud Rsn, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis.

Direncanakan operasi udara ini akan berlangsung hingga tanggal 18 Desember 2014 mendatang. 

Sumber : Lanud