Sudahkah Tahu Arti Nama Kamu ?

“Sebuah nama sebuah cerita” itulah salah satu syair dari lagu peterpan. Setiap orang pasti punya nama, baik orang luar negeri, orang Indonesia, orang Islam, orang kristen, manusia purba dan semua orang punya nama. Adakah orang di dunia ini yang tidak punya atau belum punya nama selain bayi yang baru lahir ? Lagi pula kalau ada gimana ya manggilnya.Eh, jangankan kok manusia, hewan saja juga punya nama kadang-kadang.


Nama adalah sebutan kita ketika dipanggil seseorang atau ketika disebut seseorang. Bahkan Tuhan saja punya nama, malaikat juga punya nama. Terkadang, walau kita hanya mendengar suaranya saja kita akan sangat terpengaruh. Misalnya ada orang yang kamu cintai namanya adalah “Sally”. Terus suatu hari kamu ada didalam rumah dan diluar ada orang yang mengetuk pintu rumah kamu. Dan dari dalam kamu bertanya “Siapa diluar ?” trus dia jawab “Sally…”. Pasti deh perasaan kamu bener-bener deg-degan atau gimna gitu. Itulah kekuatan sebuah nama. Jadi ternyata nama itu memiliki kekuatan ya ?


Lalu sudahkah kamu tahu arti nama kamu ?  kalau belum sebenarnya kamu cari tau deh. Nyari taunya gimana ? Ya yang pasti tanya ke bokap kamu apa arti nama kamu. Atau kamu juga bisa nanya ke orang-orang yang mengerti dari makna sebuah nama. Tapi yang pasti lebih baik kamu nanya ke orang tua kamu atau orang yang ngasih nama untukmu.


Tujuan artikel ini adalah sekedar mengingatkan apakah kamu sudah tau arti nama kamu ?. Eits, emang penting ya arti nama itu ? Ya tentunya ada pentingnya juga kan. Kan nama itu kamu gunakan dari kamu membuka mata di dunia sampai kamu menutup mata untuk terakhir kalinya. Jadi kalau nama sendiri aja nggak tau artinya ya gimana gitu.


Oh ya terkadang ada juga sih jika ditanya namanya, misalkan namanya itu Kim Fransisco. Trus dia ditanya “Apa arti nama kamu ?” dia jawab “ya nggak tau artinya, ya bagus aja kan keren namanya”.  itu kan biasanya yang sering ditemui, yaitu karena nama yang penting keren dan mengikuti perkembangan jaman. Oh ya ada satu lagi terkadang nama itu tidak sesuai dengan orangnya. Misalkan orang itu diberi nama “Sabar” tapi ternyata dia malah suka marah-marah. Terus ada lagi orang namanya “Rame” eh tetapi dia punya toko tapi tokonya sepi sekali. Ya begitulah faktanya, ternyata nama juga tidak menentukan watak seseorang.


Selain itu ada orang dan biasanya para remaja nih, terkadang itu ada yang malu dengan nama sendiri. Misalnya namanya “Bejo” trus dia malu dan malah ganti nama, karena menurutnya nama bejo itu nama kampungan. Padahal nama “Bejo” itu adalah nama yang bagus karena artinya “beruntung”. Kan orang pintar kalah sama orang bejo. Hehehe


So dapat disimpulkan bahwa sejujurnya nama itu akan menjadi baik, nama  akan menjadi memiliki kekuatan, dan nama akan memiliki kedudukan, apabila kita mau menjunjung tinggi nama kita. Jadi tak peduli walau nama kita itu buruk, nama kita artinya jelek, nama kita nggak keren, nama kita bagus. Itu semua tidak akan berguna selama kita tidak akan menjunjung nama kita. Bagaimana cara menjunjung nama kita ? Salah satunya adalah berbuat baik dalam mengisi kehidupan di dunia.