Sukhoi dan F-16 jatuhkan bom 2,7 ton di Situbondo

pesawat tempur TNI AU melaksanakan misi penyerangan ke obyek-obyek strategis musuh. 

Mereka bertugas menghancurkan pangkalan bahan bakar minyak, pos komando musuh serta gudang senjata.

TNI AU mengerahkan 8 pesawat Sukhoi SU-27/30, 6 F-16, 10 Hawk 100/200, 2 F-5 dan 12 T-50.

Serangan udara dibuka oleh manuver formasi pesawat Sukhoi dan F-16. Mereka menjatuhkan bom 2,7 ton ke area sasaran yang ditentukan dalam Latihan Gabungan TNI tahun 2014.


Pic Kenyot…Benar- Benar  Nekat Coyy...


Bom jatuh menggelegar mengenai target yang diasumsikan sebagai pos komando musuh.

Setelah itu satu persatu pesawat Hawk menjatuhkan bom di pos-pos komando musuh. Pesawat-pesawat tempur ini pun melumpuhkan beberapa pesawat tempur lawan yang berusaha mengajar. Mereka juga melepaskan flare sebagai pengecoh rudal antipesawat udara musuh.

Reporter Ramadhian Fadillah dan Fotografer M Luthfi Rahman mengikuti rangkaian kegiatan latihan ini di Situbondo, Rabu (4/6).

Bantuan tembakan udara dari pesawat tempur ini besar artinya dalam sebuah pertempuran. Target-target yang tak terjangkau meriam atau tank dapat dengan mudah dihancurkan lewat udara.

Sebelumnya pesawat Super Tucano sudah beraksi pagi tadi. Pesawat ini menghancurkan pertahanan musuh di garis pantai guna mendukung pendaratan Marinir.

Sumber : Merdeka 

JET TEMPUR TNI AU MUNTAHKAN 27 TON BOMB 

 

 

Jet-jet tempur TNI Angkatan Udara yang terdiri dari 8 Pesawat tempur Sukhoi SU 27/30 , 4 pesawat F-16, 10 Hawk 100/200 dan T 50i Golden Eagle sebanyak 12 pesawat serta 2 pesawat F-5 Tiger menghancurkan sasaran terpilih dari udara, di area latihan Asembagus, Jawa Timur dalam latihan Gabungan TNI 2014, Rabu (4/6). 

Pesawat tempur yang terlibat dalam Latgab, membawa persenjataan dari berbagai jenis bom yang terpasang di body maupun sayap pesawat jet tempur TNI Angkatan Udara tersebut, secara bergantian take off dari landasan pacu Lanud Iswahjudi dengan membuat formasi “Composite Strike” menuju target area latihan di Asembagus. 

Pesawat tempur Sukhoi masing-masing dipersenjatai bom OVAB total membawa 108 buah bom dan Rudal KH 29, sementara itu pesawat F-16 Fighting Falcon dari 4 pesawat yang diberangkatkan masing-masing membawa 6 bom MK 82, sedangkan pesawat Hawk 100/200 dari 8 pesawat yang tergabung dalam pengeboman itu dipersenjatai dengan bom MK 82 masing-masing pesawat membawa sebanyak 2 buah bom guna menggempur sasaran. 

Sedangkan untuk pesawat tempur T-50 i Golden Eagle sebanyak 12 pesawat yang dipersenjatai roket AIM-9 Side Winder diterbangkan dari Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Surabaya, ikut melaksanakan penghancuran sasaran target Latihan Gabungan TNI 2014 di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. 

Sementara itu, sehari sebelum pelaksanaan pemgeboman target, pada sore hari unsur tempur Kogasudgab dengan menerbangkan 4 pesawat tempur F-16 yang masing-masing pesawat dipersenjatai 6 bom MK 82 melaksanakan Serangan Udara Langsung (SUL) pada Operasi Laut Gabungan pada target kapal area Latgab TNI, perairan laut di Asembagus. 

Pada Latihan Gabungan TNI 2014 itu, segenap Menteri Kabinet Indonesia bersatu, Panglima TNI beserta ketiga Kepala Staf Angkatan, menyaksikan langsung kemampuan tempur fighter TNI Angkatan Udara saat melakukan pengeboman dan menghancurkan area latihan di Asembagus Situbondo, Jawa Timur. 

Dengan semangat yang tinggi para penerbang tempur TNI Angkatan Udara telah ditunjukkan dalam misi Latihan Gabungan TNI tahun 2014, sehingga dalam pelaksanaan misi dapat dilaksanakan dengan sukses, aman dan lancar.

Sumber : TNI