Super Tucano Kembali Uji Coba Bom

Dua pesawat Super Tucano dengan nomor seri TT-3105 dan TT-3107 Skadron udara 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh pagi tadi (9/3) kembali uji coba bom jenis BL-25 masing-masing membawa 3 bom yang selanjutnya untuk melaksanakan uji coba bom buatan Dislitbangau di Lanud Abd Saleh dengan sasaran Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi Lumajang Jawa Timur.

Uji coba bom tersebut dimaksudkan untuk mengetahui daya ledak bom serta ketepatan sasaran. Selain itu juga merupakan ajang uji kemampuan bagi Penerbang Super Tucano dalam ketepatan menembak air to ground atau menghancurkan sasaran sekaligus untuk meningkatkan kemampuan tempur yang handal dan profesional.

Setelah pemasangan bom selesai, kedua pesawat tempur Super Tucano akan langsung melaksanakan latihan pengeboman di AWR Pandan wangi Lumajang Jawa Timur selama dua jam dan dilakukan sebanyak 6 sortie. 

Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Toto Ginanto mengawasi langsung proses pemasangan bom sambil memberikan arahan agar pelaksanaan uji coba bom pada dua pesawat tempur Super Tucano ini dapat berjalan lancar, aman, selamat dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sumber : TNIAU