Survei: Mayoritas muslim, Indonesia kalah religius dari Thailand

Katakepo.blogspot.com – Lembaga Win/Gallup International menggelar survei tingkat religiusitas penduduk dunia. Dalam laporan yang diterima merdeka.com, Selasa (14/4) itu, penduduk Indonesia yang mengaku religius sebanyak 82 persen dari total responden.
Walau cukup tinggi, Indonesia ternyata tak masuk jajaran lima besar negara paling religius. Thailand, yang mayoritas warganya memeluk ajaran Buddha, berada di posisi pertama dengan 93 persen warganya menyatakan diri taat menjalankan perintah agama.
Disusul Armenia (93 persen), Bangladesh (93 persen), Georgia (93 persen), serta Maroko (92 persen), sebagai negara-negara paling religius sejagat.
Merujuk data Win/Gallup, 15 persen responden asal Indonesia menyatakan dirinya tidak religius. Namun, tidak ada sama sekali responden dari Tanah Air yang menyatakan diri atheis. “Hanya dua persen responden di Indonesia mengaku tidak masuk kategori apapun,” tulis laporan tersebut.
Di Indonesia umat muslim menjadi mayoritas, mencapai 209 juta jiwa merujuk sensus 2010. Kebijakan pemerintah yang hanya mengakui enam agama resmi, berpengaruh pada eksistensi penganut agama lokal maupun kalangan atheis. Keberadaan umat minoritas ini sulit didata, karena di KTP keyakinan mereka tidak tercantum.
Data Malaysia, yang juga mayoritas muslim cukup mengejutkan. Warga Negeri Jiran yang mengaku religius hanya 72 persen. Bahkan tiga persen dari populasi menyatakan secara terbuka atheis.
Secara umum, Gallup menegaskan mayoritas penduduk dunia masih religius. Sebanyak 63 persen responden mengaku sebagai penganut agama tertentu dan menjalankan ibadah rutin.
“Tren ke depan, agama masih akan mendominasi jalan hidup manusia di muka bumi. Jumlah orang yang mengaku beragama menunjukkan tanda-tandan peningkatan,” kata Presiden Win/Gallup Jean-Marc Leger.
Kendati begitu, jumlah orang yang memilih tidak beragama juga meningkat. Lima dari 10 orang yang disurvei menyatakan bukan umat agama apapun. Dari analisis kawasan, jumlah responden mengaku beragama paling besar ada di Afrika (86 persen) dan Timur Tengah (82 persen). Sementara atheis maupun tak beragama paling banyak dari Eropa Timur dan Amerika Utara.
Win/Gallup menggelar survei ini sepanjang 2014. Ada 63.898 orang diwawancarai mengenai topik religiusitas.