Survei: Pelajar Indonesia paling bahagia sedunia

Katakepo.blogspot.com – Ada temuan menarik dari hasil survei yang dirilis Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) terhadap pelajar di 65 negara/kota. Pelajar Indonesia dinyatakan paling bahagia di sekolah. Sementara pelajar Korea Selatan, paling tidak bahagia.

Dalam salah satu bagian pertanyaan di kategori ‘keterikatan, motivasi, dan kepercayaan diri’ 510.000 pelajar yang disurvei ditanyakan mengenai ‘sense of belonging’ mereka terhadap sekolah.

Hasilnya, untuk pertanyaan ‘Saya dengan mudah mendapat teman di sekolah’ dan ‘Saya merasa bahagia di sekolah’, 96% pelajar Indonesia yang disurvei menjawab setuju.

Digabungkan dengan sejumlah pertanyaan-pertanyaan lain, survei Programme for International Student Assessment (PISA) kemudian membuat tabel tingkat persentase kebahagiaan para pelajar di sekolah.

Lima teratas adalah: Indonesia, Albania, Peru, Thailand, Kolombia. Sementara untuk pelajar yang tidak bahagia berasal dari Korea Selatan, Republik Ceko, Republik Slowakia, Estonia, dan Finlandia.

Dikutip dari situs Kemendiknas, Indonesia berpartisipasi dalam survei PISA sejak tahun 2000. Untuk tahun 2012, populasi dalam studi ini adalah seluruh siswa sekolah yang berusia 15-16 tahun di Indonesia.

Penentuan sampel dilakukan berdasarkan tiga strata, yaitu jenis sekolah (SMP/MTs/SMA/MA/SMK), status sekolah (Negeri/Swasta), dan /performance/ sekolah (Baik/Sedang/Kurang). Secara keseluruhan, sebanyak 350 SMP/MTs/SMA/MA/SMK negeri dan swasta, dengan kategori baik, sedang, dan kurang, terpilih sebagai sampel. Sekitar 8.000 – 10.000 siswa berpartisipasi di setiap tahun putaran studi.
Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Maret-April pada setiap tahun putaran studi dan dilakukan secara bersamaan di sekolah-sekolah sampel. Siswa-siswa sampel diberikan buku tes untuk dikerjakan selama 120 menit. Setelah itu, siswa dan kepala sekolah diminta untuk mengisi angket.