Tahun depan TNI tunggu wahana baru datang

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menegaskan tidak ada kebijakan baru terkait pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) pada 2014.  TNI kini menunggu realisasi wahana-wahana tempur yang telah dipesannya.

“Untuk pembelian pesawat, kami hanya melanjutkan program yang sudah ada sehingga tidak ada kebijakan baru terkait pengadaan alutsista pada 2014,” ungkap Morldoko kepada wartawan di Sanggata, Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Pada 2014, kata Moeldoko, TNI akan mendatangkan 14 unit pesawat tempur jenis F-16 serta satu skuadron Fennec dari Perancis.

“Tinggal realisasi datangnya peralatan tempur tersebut,” ungkap Moeldoko.

Selain peralatan tempur untuk angkatan udara, kata Moeldoko, TNI juga akan terus menambah kekuatan tempur untuk sektor darat dengan menghadirkan tank Leopard.

“Semuanya dibeli dan bukan dalam bentuk hibah,” kata Moeldoko.

Semua alutsista baru itu, kata Meoldoko, akan dipamerkan pada Hari Ulang Tahun TNI 2014 yang kemungkinan dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur.

TNI, lanjut dia, akan terus memodernisasi alustsista sesuai program “Minimum Essensial Force” (MEF) yang akan berakir pada 2019 kemudian dilanjutkan hingga 2024.

Sumber : Antara