Teknik – Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket

Ketika anda menginginkan untuk menjadi pemain yang profesional atau pemain yang hebat dengan memiliki keahlian yang istimewa maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi teknik dasar dari olahraga yang anda geluti. Hal ini sangat penting dilakukan karena akan sangat membantu dalam memepersiapkan diri anda menjadi atlet olahraga yang diakui akan kualitas yang dimiliki. Tentunya disamping anda melakukan banyak latihan yang terus menerus serta pantang menyerah.

tips bermain basket

Penguasaan anda pada teknik permainan bola basket merupakan modal awal yang perlu anda kuasai, sehingga apa yang menjad tujuan anda dalam bermain basket tercapai dengan baik dan terarah. Dan diantara teknik dasar yang harus anda kuasai dalam permainan bola basket yaitu:

  • Memegang bola. Bola dipegang dengan sikap tangan seperti membentuk mangkok besar dengan bola berada diantara kedua telapak tangan yang melekat pada bola. Untuk posisi jari-jarinya direnggangkan pada bola dengan ibu jari menghadap kebelakang dekat dengan badan. Sedangkan untuk posisi kaki membentuk kuda-kuda dan salah satu kakinya berada di depan. Untuk badannya agak condong ke depan dan lutut rileks.
  • Menangkap bola. Dalam menangkap bola harus dipastikan berada dalam penguasaannya. Ketika bola datang bola ditangkap telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang serta pergelangan tangan yang rileks tidak kaku. Tangkapan yang dilakukan biasanya berupa bola datang dari atas kepala dan dari depan dada.
  • Mengoper atau melempar bola. Dalam mengoper atau melempar ini terbagi kepada tiga cara. Pertama, melempar dari atas kepala (over head pass), kedua mengoper dari depan dada (chest pass), dan mengoper dari dari dada ke dada atau mengoper bola yang dipantulkan (bounce pass).
  • Menggiring bola (dribbling ball) yaitu saat bola dibawa kedepan dengan cara memantul-mantulkannya ke lantai. Dalam dribbling terdapat dua macam, yaitu dribbling dengan bola rendah, supaya bola dapat terlindungi dari jangkauan lawan dan dribbling tinggi yang dilakukan saat mengadakan pertahanan cepat ke lawan.
  • Memoros (pivot). Yaitu suatu usaha dalam menjaga atau menyelamatkan bola dari jangkauan lawan. Caranya dengan menggunakan kaki sebagai porosnya dan kaki yang lain berputar 360 derajat.
  • Shooting yaitu suatu usaha dalam memasukan bola basket ke dalam keranjang lawan. Shooting dapat dilakukan dengan menggunakan dua tangan atau satu tangan.
  • Lay-up yaitu suatu usaha dalam memasukan bola dengan cara dua langkah dan meloncat agar bola dapat masuk. Dalam lay-up dibutuhkan konsentrasi yang tinggi serta pengalaman yang kuat dan terlatih. Lay-up juga sering disebut sebagai tembakan melayang.

Jika ingin mahir dalam permainan bola basket, maka Anda juga harus memahami teknik dan aturan dalam setiap gerakan yang dilakukan. Dengan berlatih sungguhan pastinya semua yang telah dibagikan diatas Anda bisa mahir dibandingkan dengan lainnya.

Teknik – Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply