Terkait Masalah Penyadapan, Menlu Australia Akan ke Indonesia

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop akan terbang ke Jakarta untuk menemui Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa pada pekan ini.

Pertemuan tersebut rencananya akan membahas penanganan dan dampak aksi penyadapan oleh intelijen Australia terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan lingkaran dekatnya.

Rencana kunjungan Bishop ini merupakan respons Australia setelah Marty dalam pertemuan WTO di Bali kepada media menyampaikan bahwa dia siap melakukan pembicaraan dengan Bishop. “Saya akan menerima Menteri Bishop dan kita akan melihat hasil dari pertemuan itu,” ujar Marty.
 
Bishop sebelumnya sudah berencana berkunjung ke China dan Filipina setelah pertemuan di Parlemen Australia pada Kamis (5/12/2013). 

Namun, kini Bishop memutuskan melakukan perjalanan sehari lebih cepat untuk menemui Marty Natalegawa dan akan bernegosiasi langsung tentang kode etik kerja sama intelijen.
 
Sejak aksi penyadapan dan mata mata intelijen Australia terhadap petinggi Indonesia terkuak, Indonesia membekukan kerja sama militer dan kepolisian, termasuk yang menangani masalah perdagangan manusia.

Sumber : ABC Australia/ Kompas