Terlalu Banyak Tidur Bikin Perempuan Lebih Sulit Hamil

Katakepo.blogspot.com – Terlalu banyak tidur sama tidak sehatnya dengan kekurangan tidur. Selain bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan, para ahli juga mengatakan bahwa kebanyakan tidur juga bisa membuat seorang rentan depresi hingga berujung kematian.

Bahkan sebuah penelitian pada 2013 di Korea Selatan (Korsel) menyebutkan bahwa terlalu banyak tidur bisa menyebabkan perempuan lebih sulit hamil.

Kesimpulan ini didapat setelah tim peneliti Korea menganalisa kebiasaan tidur lebih dari 650 perempuan yang menjalani fertilisasi in vitro. Mereka menemukan tingkat kehamilan tertinggi terjadi pada perempuan yang mendapat tujuh
sampai delapan jam untuk tidur malam. Sementara yang terendah dialami perempuan yang tidur selama sembilan sampai 11 jam.

“Kita tahu bahwa kebiasaan tidur pasti mengubah ritme sirkadian, sekresi hormon dan siklus menstruasi yang berpengaruh pada infertilitas,” kata Dr. Evan Rosenbluth, ahli endokrinologi.

Jadi, untuk Anda yang sering terlalu banyak tidur, mulai sekarang jangan lagi melanjutkan kebiasaan buruk itu demi menjaga kesuburan.