Ternate Promosikan Potensi Pariwisata di China

Katakepo.blogspot.com – TERNATE,Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Burhan Abdurrahman bertolak ke China, Jumat (25/10/2013) untuk mempromosikan pariwisata bersama Tim Kesenian Bahari Berkesan Kota Ternate.

“Keberangkatan kami dan tim kesenian ini, dalam rangka memenuhi undangan duta besar Indonesia di China dan salah satu maskapai penerbangan Indonesia,” kata Burhan di Ternate.

Burhan mengatakan bahwa maskapai penerbangan Garuda Indonesia selaku sponsor kegiatan memiliki program promosi pariwisata, sehingga Kota Ternate, yang memiliki begitu ragam keunikan serta budaya, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat menengah ke atas di China untuk mau berkunjung ke Ternate.

“Awalnya program ini mau diarahkan ke Sumatera Utara, namun karena ada kaitan dengan JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia), maka dialihkan ke Ternate,” katanya.

Selain itu, menurut Burhan, pertimbangan lainnya adalah jalur penerbangan Beijing-Jakarta-Ternate juga sudah tersedia, sehingga, diharapkan keseriusan Garuda dan duta besar Indonesia, dapat memberikan dampak positif di masa-masa yang akan datang.
Untuk merealisasikan kegiatan tersebut, sebelumnya, pihak Beijing telah mengirimkan empat penyelam untuk mengambil foto bawah laut di Ternate guna dipromosikan di China.

“Memang sudah ada empat penyelam yang mendatangi Ternate untuk mengambil gambar bawah laut pada beberapa lokasi. Kita berharap itu membawa dampak positif,” ujarnya.

Wali Kota Ternate bertolak ke China bersama delapan siswa/siswi terbaik Kota Ternate akan mengunjungi Beijing China mempromosikan potensi budaya Malut.

Kedelapan siswa siswi tersebut antara lain Fitra (mahasiswi UMMU), Annisa (siswa SMA 4), Firna Fadila Albaar (siswa SMA 1), Devita Analia Albaar (siswi SMA 1), Lutfiah Diana Jusman (siswi SMA 1), Isnaini Komalasari (siswi SMA 1), Indrawati Nurman (siswi SMA 1), Ririn Setiawati (siswi SMA 8), serta Safri Ahmad.
Menurut Burhan, keberangkatan Tim Kesenian Bahari Berkesan ke Beijing, China, dalam rangka mempromosikan potensi wisata Kota Ternate, agar masyarakat China dapat mengetahui, berbagai potensi wisata, baik panorama maupun berbagai kesenian tradisional Melalui promosi ini, diharapkan Kota Ternate dan Malut umumnya diketahui oleh masyarakat China.

Tim Kesenian Bahari Berkesan akan menampilkan beberapa tarian khas Malut, seperti Tarian Soya-soya Sisik, Dana-dana, Lalayon dan Bambu Gila. “Penari ini telah siap tampil dan diharapkan penampilan mereka akan maksimal, sehingga sejumlah target yang ingin dicapai dapat terealisasi,” tambah  Burhan.