Ternyata rasa takut bisa membahayakan kesehatan

Katakepo.blogspot.com – Menonton film horor mungkin menghibur bagi sebagian orang. Namun jika Anda memiliki rasa takut yang tinggi terhadap sesuatu yang berbau mencekam, sebaiknya jangan nekat melakukan hal serupa. Sebab ternyata rasa takut bisa membahayakan kesehatan. Bagaimana bisa? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari ABC News berikut ini.
ButaTerlalu takut bisa membuat mata kehilangan penglihatan dan telinga tak mampu mendengar untuk sementara. Hal ini terjadi sebagai respon otak terhadap sesuatu yang seolah mengancam tubuh. Karena sistem saraf gagal bekerja, adrenalin masuk ke pembuluh darah dan memengaruhi kinerja organ.
UbanRasa takut yang sangat ekstrem juga bisa mengubah warna rambut menjadi abu-abu alias uban. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang-orang yang stres secara fisik atau emosional akibat operasi atau infeksi. Kabar baiknya, jika stres diatasi, uban bisa rontok dan rambut akan tumbuh seperti sedia kala.
Bergerak lambatSeseorang yang mengalami hal traumatik akan bergerak lebih lambat dari biasanya. Gerakan lambat itu sendiri merupakan bagian dari respon tubuh, di mana otak fokus pada ancaman dan akhirnya membuat sistem saraf seolah lupa untuk melakukan tugas penting lainnya.
PucatPucat biasanya disebabkan oleh kondisi sakit. Namun wajah juga bisa pucat pasi akibat rasa takut. Pucat ini bukan terjadi secara ajaib. Sebab pada dasarnya, ketika takut tubuh akan mengirim darah ke organ penting dan otot untuk mendukung potensi melawan. Akibatnya, suplai darah ke wajah berkurang dan pipi terlihat pucat.
MatiPada kasus yang sangat ekstrem, rasa takut bisa berujung pada kematian. Sebab adrenalin yang terlalu tinggi merusak jantung dan membuatnya berhenti berdetak. Padahal suplai darah dari dan ke jantung tetap lancar.
Itulah berbagai bukti bahwa rasa takut bisa membahayakan kesehatan. Jadi jika ingin menakut-nakuti teman, sebaiknya pikirkan lagi!