Tiga Pilihan Gaya Tak Lekang Waktu

Katakepo.blogspot.com – Oscar Wilde pernah mengatakan bahwa fesyen adalah sesuatu yang sangat membosankan, hingga harus terus berubah setiap enam bulan sekali.
Petuah sarkastik tersebut ada benarnya, tetapi tidak sepenuhnya benar. Meskipun tren terus berputar seiring dengan waktu, namun satu hal yang tidak akan pernah berubah, yakni gaya dan selera!
Apapun tren yang tengah menjadi sorotan, semua bisa diaplikasikan tanpa mengacuhkan karakter dasar pribadi Anda. Dan patut diingat,  gaya dan tren adalah dua hal yang berbeda. Maksudnya, selama memiliki konsisten dengan pilihan gaya, maka tren apapun yang Anda kenakan akan terlihat impresif.
Berikut beberapa tiga gaya yang dipercaya tidak memiliki batas waktu, alias selalu tampak lazim dari masa ke masa.
Gaya klasik
Jika Anda menyukai gaya berbusana yang sederhana, bersahaja, dan tidak berlebihan, maka dipastikan karakter Anda adalah si gaya klasik. Gaya ini tak hanya mengesankan pribadi yang anggun pada tampilan, tapi juga memancarkan kesan dewasa dan ultra feminin.
Busana berpotongan ‘clean’ adalah kunci utama dari gaya klasik. Padu-padan formal, seperti blazer dan celana panjang, atau rok pensil, akan tampak seksi lewat material pria seperti sifon, satin dan suede. Lalu, warna-warna netral dan solid akan memperkuat gaya ini. Kenakan aksesoris seperti kalung mutiara, atau gelang emas putih untuk menyempurnakan keseluruhan tampilan.
 Selebriti penggemar gaya klasik : Camilla Belle, Kate Middleton, Taylor Swift, Miranda Kerr, Victoria Beckham.
Gaya kasual sportif
Popularitas gaya kasual nan sporty ‘meledak’ pada era 80-an. Namun, dibandingkan gaya fesyen lainnya, kasual memiliki peminat paling banyak. Meskipun ada label ‘sporty’, tak berarti selalu berhubungan dengan aktivitas olahraga atau kesan maskulin.
Definisi sportif di sini lebih kepada kepribadian yang enerjik, muda, dan dinamis. Maka dari itu, mereka yang ‘menganut’ gaya ini biasanya adalah seseorang yang terbuka, easy going, dan aktif. Gaya ini juga sesekali merujuk pada pilihan model busana yang praktis, seperti jumpsuit, motif-motif terang dan saling ‘tabrakan’. Palet warna pastel adalah alternatif rona, dalam menghadirkan nuansa  modern dan semi-formil.
Selebriti penggemar gaya kasual sportif : Selena Gomez, Vanessa Hudgens, Emma Stone.
Gaya ekspresif
Mungkin penikmat mode lebih mengenalnya dengan istilah ‘edgy’. Pada terminologi fesyen, istilah tersebut mengacu pada kecenderungan tampil ekspresif dan tidak lumrah. Gaya yang berbeda, tetapi tidak aneh. Maka dari itu, pendekatan yang paling tepat adalah gaya berbusana ekspresif.
Penggemar gaya ini, umumnya memiliki karakter yang kuat dan berani. Pilihan motif yang eksperimental, seperti garis-garis asimetris yang tegas menjadi opsi yang lazim. Sedangkan untuk aksesoris, rancangan yang tegas dan ekstrim, menjadi syarat utama sebagai pelengkap gaya, seperti kalung bandul kepala tengkorak, gelang aksen paku dan anting rumbai.
Tak berhenti di situ, gaya edgy ini memiliki fleksibelitas dalam hal ‘meleburkan’ dua nuansa menjadi senada, misal nuansa futuristik dan tradisional. Selain busana, potongan atau warna rambut, menjadi ‘identitas’ pendamping yang menyempurnakan.
Selebriti penggemar gaya ekspresif : Kelly Osbourne, Alexa Cheung, Kate Moss, Cara Delavingne.