Tips Mencegah Dan Mengobati Ruam Popok

Ruam popok atau sering juga disebut sebagai diaper rash merupakan suatu radang atau iritasi pada kulit bayi yang terjadi disekitar daerah selangkangan bayi. Ruam popok atau diaper rash ini sering terjadi pada bayi terutama yang berada pada usia dibawah 15 bulan. Gejala yang ditimbulkannya biasanya berupa kulit yang berwarna merah dan juga nampak lecet-lecet, bahkan jika dibiarkan terlalu lama dapat membuat kulit bayi menjadi bernanah atau mengelupas.

Ruam popok pada bayi juga terjadi karena beberapa sebab, seperti area popok yang lembab, kulit bayi yag bersentuhan dengan urin dan feses bayi, atau kulit bayi yang sensitif. Selain itu ruam popok juga dapat terjadi ketika bayi mulai mengkonsumsi makanan padat dan juga penggunaan popok yang terlalu ketat sehingga bergesekan dengan kulit bayi.

Jika anda mendapatkan bayi anda terkena ruam popok maka secepat mungkin untuk diobati, karena jika dibiarkan dapat menjadi pemicu timbulnya infeksi yang lain karena adanya bakteri maupun jamur yang berkembang. Oleh karena itu pada artikel ini kami mencoba memberikan tips-tips dalam mencegah dan mengobati ruam popok pada bayi anda. Diantaranya:

  1. Usahakan untuk mengganti popok yang sudah basah atau terkena feses bayi, dan hal ini lebih sering dilakukan terutama saat bayi sudah terkena ruam popok.
  2. Hindari penggunaan celana yang terbuat dari karet atau plastik setelah memakai popok, karena akan membuat kulit menjadi sulit untuk bernafas, dan menyebabkan daerah popok menjadi lembab.
  3. Saat melepas popok, bersihkan kulit bayi dengan kapas yang sudah dibasahi air atau bisa juga dengan air yang mengalir secara langsung. Lalu keringkan dengan kain yang lembut dan biarkan sampai kering dan kulit dapat bernafas.
  4. Jika bayi anda menggunakan popok yang terbuat dari kain maka cucilah dengan sabun khusus untuk bayi, dan jangan menggunakan bahan pemutih maupun deterjen.
  5. Gunakan salep atau krim yang khusus untuk ruam popok yang dapat anda temukan di apotek-apotek, gunakan secara rutin sampai ruamnya hilang. Harus diperhatikan juga untuk tidak menggunakan bedak terlebih dahulu karena akan menyumbat saluran kencing bayi.
    Cegah Ruam Popok dengan Zwitsal
  6. Jangan terlalu sering memakai popok pada bayi, untuk beberapa saat biarkan bayi tanpa popok terutama saat pagi hari, biarkan sinar matahari mengenai kulitnya sehingga kulitnya tidak lembab dan kering.
  7. Pada beberapa bayi ada yang hanya bisa memakai popok merk tertentu, maka carilah merk yang paling cocok dan nyaman digunakan oleh anak anda.

Jika dalam jangka waktu 3 hari ruam popok belum juga hilang maka segeralah untuk menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Tips Mencegah Dan Mengobati Ruam Popok | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply