TNI AD-Diablo Ciptakan Trail Babinsa

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan, ternyata sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk Alutsista yang dapat dimanfaatkan untuk rakyat dalam mendukung hasil pertanian.
Saat kunjungan KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dipamerkan sebuah motor trail roda 2 yang desain peruntukannya sebagai motor operasional militer. Yang membanggakan, ternyata motor berpenampilan tinggi kokoh ini dibuat oleh anak bangsa Indonesia di Semarang.

Semua spesifikasi menurut Direktur PT Diablo Motor Indonesia, Chandra Sutandinata mengacu para syarat ketentuan Alutsista TNI AD. Mengusung kapasitas mesin 200 cc 4 Tak, motor yang pada mesinnya tertulis Kartika Eka Paksi ini memang khusus didesign dan diperuntukkan memenuhi kebutuhan TNI AD. 

bahkan motor yang lazimnya berkemampuan menerabas medan lumpur, bebatuan dan perbukitan ini mesinnya juga mampu difungsikan sebagai pompa air. Fungsi inilah yang belum pernah ada pada sepeda motor lainnya.
“Pengembangan design ini memenuhi kebutuhan TNI AD. Kami sebagai pihak yang memproduksi tinggal mendesign dan memproduksi dan kesemuanya memenuhi standar militer. Bahkan produk kami ini juga memenuhi standart NATO”, ungkap Chandra Sutandinata.

Salah satu keunggulan motor Trail Utility Military Version Diablo ini memiliki fungsi opsional mesin sebagai mesin pompa. Ada komponen tambahan yang dapat digabungkan dengan mesin dan berfungsi sebagai mesin penyedot dan penyalur air. “Jadi fungsi ini dapat digunakan untuk membantu mengalirkan air dari sungai ke sawah atau untuk menyiram tanaman di perkebunan.”

Sumber : Jogja