TNI AD Salah Satu Penembak Jitu Terbaik Dunia

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, TNI AD sukses menyabet gelar juara umum Lomba Menembak Australian Army Skills at Arms Meeting (AASAM).
 
Acara yang digelar tiap tahun di Australia ini diikuti oleh beberapa negara diantaranya Australia, Indonesia, Malaysia, Inggris, Amerika Serikat, Perancis, Thailand, Selandia Baru, Brunai Darussalam, Kanada, Singapura, Papua New Guinea, Timor Leste, Philipina, Jepang, Austria, China dan Tonga.

Dalam AASAM tahun 2009, kontingen TNI AD membawa 15 orang personil yang terbagi atas 10 orang petembak dan 5 orang official. Lomba ini diselenggarakan pada bulan Mei. Dalam kompetisi tersebut kontingen TNI-AD dapat menunjukkan prestasi terbaiknya dengan 

mendapatkan 59% medali emas, 41% medali perak dan 39% medali perunggu dari jumlah 41 medali yang diperebutkan, sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai Juara Umum.

Di tahun 2010, TNI AD mengirim kontingen sebanyak 15 orang di AASAM. Lomba ini dilaksanakan pada bulan Juni. Disana, para petembak TNI AD telah berhasil mempertahankan prestasi sebagai Juara Umum, dengan perolehan 22 medali emas, 13 medali perak, dan 14 medali perunggu.

TNI AD mengukuhkan sebagai juara bertahan kembali pada mei 2011. Pada babak akhir kompetisi, Malaysia sempat menjadi lawan terkuat Indonesia, namun kontingen petembak TNI AD berhasil meraih 7 medali emas, 9 medali perak dan 5 medali perunggu, dimana Indonesia mengungguli peserta-peserta dari negara lainnya.

Dari 51 medali yang disiapkan di AASAM 2012, prajurit TNI AD menyabet 25 emas, sementara tentara Amerika hanya memperoleh 2 emas dan 5 perunggu, sedang Australia diperingkat kedua hanya mengantongi 9 emas,  12 perak dan 7 perunggu.

Bulan mei tahun 2013 ini, TNI AD beranggotakan 24 prajurit Kostrad dan 6 dari Kopassus masih sukses mempertahankan gelar juara bertahan. Di sana TNI AD berhasil memperebutkan 58 medali berupa 17 medali emas dan 58 nomor menembak.

Sumber : Pediakita