TNI AD Serahkan KMC ‘Komando’ Kodam Wirabuana

TNI Angkatan Darat menyerahkan sebuah kapal motor cepat (KMC) “Komando” kepada Kodam VII Wirabuana.

Penyerahan itu dilakukan Direktur Dirktorat Perbekalan Angkutan TNI AD (Ditbenkangad) Brigjen TNI Pasenga Talilah kepada Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar, di Manado, Rabu.

Direktur Ditbengkangad Brigjen TNI Pasengah Talilah mengatakan, alat angkutan modern ini merupakan produksi dalam negeri yang dikerjakan oleh PT Tesco Indo Maritim

“KCM Komando tersebut akan digunakan untuk mendukung angkutan air dalam rangka pergeseran pasukan di Kotama khususnya di Kodam VII Wirabuana yang perairannya cukup luas,” katanya.

Dia mengatakan, kapal motor seperti ini sangat dibutuhkan oleh Kodam VII Wirabuana maupun Kodam lainnya.

Kapal motor tersebut merupakan pengadaan tahun 2013 dan selesai pada tahun 2014.

Terdapat sepuluh kapal yang dibuat tahun 2013 dan 2014 dengan disitribusi kepada Kotama-Kotama prioritas “Pada tahun ini juga akan dibuat lagi empat buah kapal seperti ini,” katanya.

Dia mengatakan, sebelum KCM Komando diserahkan, sudah dilaksanakan proses pembangunan melalui pengawasan tehnik dari tim ahli.

Kapal ini sudah diuji coba, sudah layak digunakan dan memiliki standar kualitas kemampuan berlayar.

“KCM Komando ini sekaligus menjadi aset TNI AD, diserahkan kepada Kodam VIII Wirabuana,” katanya.

Direkorat Perbekalan Angkutan selaku pembina materil angkutan, dalam pengadaan ini merapakan suatu wujud kesungguhan pimpinan TNI AD dalam upaya mengembangkan Alutsista (alat utama sistem persenjataan) dan meningkatkan sarana pendukung pokok.

Terutama di daerah perairan dalam menghadapi tugas-tugas ke depan.

KMC Komando dibeli dengan harga nilai yang cukup besar, dan baru pertama kali menggunakan tenaga dorong dengan sistem “water jet” di miliki TNI AD.

“Diharapkan satuan pengguna hendaknya bisa merawat dan menjaga sebaik-baiknya sehingga selalu siap operasional dan dapat digunakan usia pakai maksimal,” katanya.

Penyerahan kapal tersebut disaksikan antara lain Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djauhary Kansil, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wali Kota Manado GSV Lumentut.

Usai penyerahan tersebut dilakukan ujicoba dengan melakukan pelayaran dari pelabuhan di kawasan Megamas Manado menuju Pulau Bunaken. 

Sumber : Sindo